Butuh Healing? Berikut Destinasi Wisata di Jawa Selatan

  • Bagikan
Ilustrasi objek wisata Pantai Tanjung Layar

RAKYATSULSEL–Deretan destinasi wilayah di selatan jawa, sayang kalau hanya dilalui saat mudik lebaran. Keindahan alam menjadi daya tarik bagi para pemudik yang hendak kembali ke kampung halaman.

Momen libur panjang Lebaran, sering dimanfaatkan para pemudik untuk berwisata. Beberapa objek wisata yang dilalui saat mudik jalur selatan Pulau Jawa.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, setidaknya dan lima provinsi yang dilalui saat mudik jalur lintas selatan Jawa. Yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, hingga Jawa Timur. Adapun beberapa rekomendasi destinasi wisata sepanjang jalur selatan Jawa.

1. Pantai Tanjung Layar Banten

Salah satu pantai yang tak boleh dilewatkan saat memulai perjalanan dari Provinsi Banten adalah Pantai Tanjung Layar. Pantai di Desa Sawarna, Bayah, Lebak, memiliki ombak khas Laut Selatan yang sangat bergelora.

Bagi kaum Instagramable, pantai itu sangat cocok ketika sedang menjelang sunset untuk berburu konten. Tampilan langit merah keemasan dengan latar belakang bebatuan karang yang eksotis di menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto.

2. Wisata Gedung Sate Bandung

Memasuki wilayah Jawa Barat, minimal harus mampir ke wisata bangungan bersejarah Gedung Sate di Kota Bandung. Gedung yang dibangun pada 1924 di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, masih berdiri kokoh hingga sekarang. 

Keindahan arsitektur gedung dan berbagai jenis koleksi barang kuno dapat dinikmati. Terdapat museum yang berisi berbagai jenis barang kesenian zaman dulu serta proses pembuatan gedung. Berbagai jenis kuliner khas Bandung dan Jawa Barat bisa dinikmati sambil beristirahat.

3. Benteng Van Der Wijck Kebumen

Destinasi wisata selanjutnya adalah bangunan sejarah Benteng Van Der Wijck di Desa Sidayu, Gombong, Kebumen. Peninggalan kolonial Belanda ini dibangun pada abad ke 18 M menggunakan batu bata merah. Destinasi Benteng Van Der Wijck cocok dijadikan tujuan liburan keluarga saat Idul Fitri.

4. Candi Prambanan

Memasuki Daerah Istimewa Jogjakarta, pasti akan melewati bangunan bersejarah Candi Prambanan. Destinasi wisata ini merupakan salah satu yang populer di Jogjakarta karena menjadi kompleks candi Hindu terbesar di dunia.

Di kompleks candi, bisa berfoto ria untuk mengabadikan momen dengan latar belakang rerumputan dan kemegahan Candi Prambanan.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Mendekati ujung Jawa jalur selatan terdapat destinasi wisata alam Taman Nasional Alas Purwo. Destinasi wisata ini masuk wilayah Desa Tegaldlimo, Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Luas Taman Nasional Alas Purwo mencapai 43 ribu hektare.

Seperti wisata Sabana Sadengan, Pantai Pancur, Gua Istana, Pura Giri Selaka, hutan bambu, hingga hutan mangrove. TN Alas Purwo cocok dijadikan tempat istirahat atau memanjakan mata dengan nuansa alam sebelum meninggalkan Pulau Jawa. (jp/raksul)

  • Bagikan