Pulau Jawa Rasa Afrika! Berikut 3 Rekomendasi Lokasi Wisata di Wilayah Jawa Timur

  • Bagikan
Kawah Ijen

RAKYATSULSEL - Libur lebaran memang paling cocok dihabiskan untuk berwisata atau bersilaturahmi dengan keluarga.

Namun bagi kalian yang masih bingung menentukan destinasi liburan, Jawa Timur bisa jadi solusinya.

Apalgi, Provinsi Jawa Timur menyimpan berbagai destinasi wisata yang layak menjadi rekomendasi tempat liburan.

Dilansir JawaPos.com dari indinesia.travel.id, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat liburan dan wisata di Jawa Timur yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi tempat rekomendasi liburan pertama di Jawa Timur. Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yang diantaranya Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo dan memiliki lima pintu masuk tepatnya melalui Desa Ngadisari (Via Probolingo), Desa Senduro (Via Lumajang), Desa Ngadas (Via Malang), Desa Nongkojajar (Via Pasuruan), dan Desa Tosari (Via Pasuruan).

Jalur yang paling populer dan paling mudah untuk mencapai Gunung Bromo adalah melalui Probolinggo, terutama bagi para pengunjung yang menggunakan transportasi umum seperti bus.

Rute terdekat dan paling mudaha dari Surabaya adalah melalui Desa Wonokitri, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Setibanya di daerah pedesaan tersebut, para pengunjung perlu menyewa kendaraan 4x4 untuk melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo melalui jalur yang berbatu dan terjal.

Gunung Bromo menyuguhkan pemandangan Laut pasir Tengger dengan luas mencapai 5,250 hektar yang dapat dinikmati dengan berjalan kaki maupun berkuda.

Selain menyuguhkan hamparan lautan pasir, Gunung Bromo juga menyuguhkan pemandangan sabana dan Bukit Teletubies yang dapat dinikmati melalui jika anda berangkat via Malang.

Pemandangan dari empat anak gunung disekitar seperti Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m) juga turut serta memanjakan mata pengunjung.

Selain Gunung Bromo, anda juga dapat menikmati objek wisata disekitar seperti Ranu Kumbolo, air terjun Madakaripura, Coban Sewu, Coban Pelangi, dan Coban Jahe.

2. Kawah Ijen

Rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah Kawah Ijen. Tempat ini cocok bagi anda yang menyukai outdoor activity ataupun mendaki Gunung.

Untuk mencapai kawasan wisata Ijen, Anda dapat melalui dua kabupaten, yaitu Banyuwangi atau Bondowoso hingga bertemu Pos Paltuding yang merupakan gerbang pintu masuk Kawah Ijen.

Gunung Ijen memiliki tinggi 2.368 mdpl, untuk mencapai puncaknya, anda harus tracking kurang lebih sselama 1 - 1.5 jam atau menggunakan jasa ojek dorong.

Sesmpainya di puncak gunung, anda akan menikmati hamparan kawah aktif seluas 134 kilometer persegi berwarna hijau tosca yang memanjakan mata.

Dimalam hari tepatnya pada dini hari, anda dapat menikmati fenomena alam blue fire di sekitar kawah. Fenomena alam tersebut hanya dapat diniikmati pada dua tempat di dunia ini, yang pertama di Islandia, dan di Kawah Ijen,

3. Alas Baluran

Rekomendasi tempat liburan di Jawa Timur yang terakhir adalah Taman Nasional Baluran, terletak di ujung timur Pulau Jawa, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Taman Nasional Baluran adalah area dataran rendah yang didominasi oleh padang rumput savana bak di Afrika yang menjadi tempat bagi berbagai satwa liar untuk berkeliaran bebas.

Di sini, pengunjung dapat melihat beragam jenis hewan, termasuk banteng, kancil, burung merak, elang, dan kera.

Selain itu, di Taman Nasional Baluran terdapat juga beberapa jenis flora seperti pohon kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp.), pohon asam (Tamarindus indica), gadung (Dioscorea hispida), kendal (Cordia obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculia foetida).

Untuk sampai ke Taman Nasional Baluran, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Surabaya dan membutuhkan sekitar 6 jam dengan kendaraan.

Dari Surabaya, Anda akan melewati Jalan Pantura Timur, melalui Kota Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo.

Setelah mencapai Banyuputih, pengunjung dapat mengambil arah ke selatan. Saat tiba di Desa Wongsorejo, arahkan kendaraan ke kiri hingga menemukan tanda: Pusat Pengunjung, yang merupakan pintu masuk ke Taman Baluran. (jp/raksul)

  • Bagikan