Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Babel Berganti

  • Bagikan
Pelantikan Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Dwi Harnanto.

PANGKALPINANG, RAKYATSULSEL - Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung resmi berganti. Muslim Alibar yang menjabat Kadivmin Babel sejak Januari 2023 telah dilantik menjadi Kepala Divisi Administrasi Nusa Tenggara Barat. Ia digantikan oleh Dwi Harnanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat.

Pelantikan keduanya dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna H. Laoly pada Jumat 5 April 2024 di Graha Pengayoman Kemenkumham RI.

Beberapa Pejabat juga turut dilantik pada kesempatan ini, yaitu Irjen. Pol.Dr Reynhard Silitonga yang menjabat Dirjen Pemasyarakatan, dilantik sebagai sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI. Ia menggantikan pejabat lama Ir Razilu.

Sementara Ir Razilu mengemban amanah baru sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM. Razilu menggantikan Iwan Kurniawan, yang dilantik sebagai Assessor SDM Ahli Utama Kemenkumham.

Selain itu dilantik juga Sucipto sebagai Staf Ahli Menkumham Bidang Hubungan Antar Lembaga, dan Ibnu Chuldun sebagai Staf Ahli Menkumham Bidang Politik dan Keamanan.

Kemudian dilantik juga Andika Dwi Prasetya sebagai Kepala Kantor Wilayah Jakarta, Masjuno sebagai Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat, Jumadi sebagai Kepala Biro Umum, serta Pimti Pratama lainnya.

Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Yasonna H. Laoly, dalam arahannya mengatakan, pelantikan ini merupakan upaya berkala untuk terus melakukan penyegaran dan merevitalisasi organisasi Kemenkumham dengan menekankan pada aspek Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif agar kita sigap menghadapi tantangan.

Disampaikan Yasonna, penempatan dalam jabatan apapun harus dipahami sebagai satu kesempatan untuk melakukan lompatan unjuk kinerja melalui inovasi, guna pengabdian yang lebih baik lagi.

"Saya ingin mengajak kepada seluruh jajaran, mari kita bersama-sama meciptakan karya nyata secara profesional dan akuntabel, sejatinya kesuksesan dan keberlanjutan organisasi bukan sekedar prestasi dan keharuman nama pribadi namun untuk kesuksesan bersama seluruh jajaran organisasi," harap Yasonna.

Pada kesempatan ini, Menkumham Yasonna minta kepada pejabat yang dilantik untuk, pertama yaitu bekerja dengan penuh kejujuran, karena kejujuran merupakan nilai dasar dalam membangun karakter bangsa.

Kedua, tugas dan fungsi Kemenkumham sangat beragam. Untuk itu tingkatkan sinergi dan kolaborasi, lakukan komunikasi efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia.

Ketiga, ia meminta jajaran segera melaksanakan setiap program dan kegiatan dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia serta susun agenda yang jelas.

Lalu keempat, setiap tugas dan fungsi yang diemban oleh jajaran kita, berimplikasi pada terciptanya stabilitas politik, hukum dan keamanan di negeri ini.

"Oleh karenanya kita harus mampu mengelola setiap isu aktual dan strategis menjadi penguat dalam bekerja dan berkinerja," kata Yasonna.

Menutup arahan, Yasonna mengingatkan seluruh jajaran baik di pusat maupun di daerah, agar terus meningkatkan pelayanan kepada publik dengan sebaik-baiknya tanpa pungli dan diskriminasi, tetap berintegritas dengan hasil yang berkualitas. Lalu menumbuhkan kepercayaan masyarakat agar tercipta apresiasi positif serta tulus dan bukan basa basi serta Jaga nama baik diri dan organisasi.

"Tindak lanjuti setiap pengaduan dengan professional dan tempatkan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan," tutup Yasonna.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto turut menyaksikan pelantikan secara virtual dari Balai Pengayoman Kantor Wilayah bersama dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), para Pejabat Struktural dan seluruh pegawai. (*)

  • Bagikan