Bahtiar Lepas 500 Peserta Mudik Gratis Pemprov Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL. CO - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melepas ratusan peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu, (6/4/2024).

Bahtiar menyampaikan mudik gratis tersebut merupakan kolaborasi lintas sektor untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan ber mudik pada lebaran tahun 2024.

"Ini kerja sama semua pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini. Kami terus beri pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Selatan. Selamat semua dalam perjalanan dan dalam keadaan sehat," ujar Bahtiar.

Ia menuturkan, kuota mudik tahun ini diharapkan terus bertambah dari tahun ke tahun agar masyarakat yang berada jauh dari kampung halaman dapat kembali untuk membangun tempat kelahiran.

Bahkan kata dia, pihak swasta yang ingin melaksanakan hal serupa baiknya berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel akan pengamanan dan pelayanannya dapat diselenggarakan dengan aman melalui kerja sama yang baik.

“Sebenarnya masih banyak warga kita yang ingin berpartisipasi. Kami turut memberi kesempatan bagi warga lainnya, atau perusahaan-perusahaan yang biasa melakukan program mudik gratis, silahkan saja. Tapi tetap harus berkoordinasi dengan pihak otoritas, dalam hal ini kepolisian dan seterusnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad menyampaikan untuk para pemudik nantinya terus memperhatikan kebutuhan pribadi seperti vitamin dan obat yang menjadi konsumsi pribadi dari masyarakat.

"Sebelum mudik perhatikan kebutuhan yang tidak tersedia secara konvensional di jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta mudik gratis Pemprov Sulsel, Gita Anggraeni mengatakan para peserta sebelum berangkat diberikan pelayanan cek kesehatan gratis.

Dia mengatakan akan melakukan perjalanan pulang kampung ke arah Luwu Raya. “Jadi sama mudik bersama teman kuliah,” ungkapnya.

Untuk informasi, rute mudik kali ini terdapat sebanyak 240 penumpang untuk arah Makassar-Palopo dengan jumlah enam bus, dan masing-masing kapasitas 40 kursi.

Untuk Arah Makassar-Malili terdapat 80 penumpang dengan jumlah bus sebanyak dua unit masing-masing 40 kursi.

Kemudian , Makassar- Bulukumba sebanyak 40 orang dengan jumlah bus sebanyak dua unit dan masing-masing 20 kursi.

Makassar-Watampone sebanyak 100 orang dengan jumlah bus sebanyak 4 unit masing-masing 25 kursi.

Terakhir, Makassar-Sinjai sebanyak 40 orang dengan jumlah bus sebanyak 2 unit masing-masing 20 kursi.

Sebelum berangkat, juga dilaksanakan inspeksi keselamatan (ramp check) dan asuransi Jasa Raharja untuk memberikan kepastian perlindungan selama di perjalanan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Sulsel. Pemeriksaan kesehatan dan tes urine awak kendaraan untuk memastikan bahwa seluruh awak kendaraan dalam kondisi sehat fisik dan mental dilaksanakan oleh Jasa Raharja.

Pemeriksaan kesehatan secara umum kepada peserta serta pemberian vitamin dan obat-obatan. Termasuk kepada driver yang berangkat pada pagi ini untuk pemeriksaan deteksi dini narkoba, dan hasilnya negatif. (abu Hamzah/B)

  • Bagikan