Jadi Rekomendasi Tontonan Libur Lebaran, Simak Sinopsis Film Siksa Kubur

  • Bagikan
Poster Film Siksa Kubur

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Film horor religi Siksa Kubur sudah bisa disaksikan di bioskop seluruh Indonesia mulai Kamis (11/4/2024) kemarin.

Film horor komedi buatan Joko Anwar ini bercerita tentang Sita (diperankan oleh Faradina Mufti) yang ingin membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidak nyata.

Upaya pembuktian ini bukan tanpa alasan. Ini dimulai setelah kedua orang tua Sita meninggal lantaran bom bunuh diri ketika dirinya masih kecil.

Upaya pembuktian siksa kubur ini pun tak dilakukan Sita sendirian. Dia melakukannya bersama dengan kakaknya, Adil (diperankan oleh Reza Rahadian).

Untuk bisa membuktikan siksa kubur tidak ada, Sita pun berupaya untuk mencari orang yang paling berdosa. Dia menjadi seorang care taker di panti jompo.

Berbeda dengan Adil yang menjadi pemandi jenazah. Perjalanan keduanya sejak kecil pun tak mudah.

Lantas, bila sudah menemukan orang paling berdosa, dan orang tersebut akan meninggal, Sita akan ikut masuk ke dalam kuburannya, untuk membuktikan siksa kubur tidak ada.

Sebagai film horor religi, tentu banyak hal yang berkaitan dengan agama dimuat dalam film ini. Meski begitu, Joko Anwar sang sutradara memastikan, apa yang ditampilkan dalam film ini tidak dibuat secara asal.

"Semuanya dari hadis, semuanya tidak mengarang-ngarang,” ujar Joko saat menjelaskan tentang beberapa adegan yang muncul dalam film, Selasa (3/4) pekan lalu.

Bukan hanya itu, Joko Anwar pun berupaya membuat film ini senyata mungkin.

"Film ini kan tagline-nya Anda akan percaya, jadi kami mencoba menggunakan practical (effect). Jadi, sebagian besar yang kita tonton tadi adalah practical effect agar hasilnya organik dan realistis," tambah Joko.

Bukan hanya Faradina Mufti dan Reza Rahadian, film ini diperankan oleh berbagai pemenang dan peraih nominasi Piala Citra FFI, serta para aktor pendatang baru.

Ada Christine Hakim, Fachri Albar, Happy Salma, Slamet Rahardjo, Arswendy Bening Swara, Niniek L Karim, Jajang C. Noer, Djenar Maesa Ayu, Putri Ayudya.

Kemudian, Runny Rudiyanti, Haydar Salishz, Afrian Arisandy, Ramadhan Al Rasyid, Tony Merle, Mian Tiara, Henry Manampiring, Widuri Puteri dan Muzakki Ramdhan. (int/*)

  • Bagikan