Operasi Ketupat Pallawa 2024 Berhasil Menurunkan Angka Kecelakaan Lalulintas

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pelaksanaan Operasi Ketupat Pallawa 2024 telah berakhir dengan sukses, menandai penutupan rangkaian kegiatan masyarakat Sulawesi Selatan selama 13 hari, mulai dari 4 April hingga 16 April 2024. Polda Sulsel dan jajaran berhasil mengelola operasi dengan baik.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.Hum, yang juga menjabat sebagai Kasatgasopsda dalam Operasi Ketupat Pallawa-2024, menyampaikan bahwa selama pelaksanaan operasi, situasi Kamseltibcar Lantas dapat terkendali dengan baik. Sasaran dan target yang ditetapkan berhasil ditangani dengan baik, memberikan hasil yang positif.

"Lalu lintas lancar terlihat pada titik-titik prioritas seperti poros Maros – Bone, poros Gowa – Takalar, dan ruas jalan di sekitar tempat wisata Malino Gowa serta Kawasan Pantai Tanjung Bira Bulukumba," kata Dirlantas.

Semua perjalanan di ruas-ruas tersebut berhasil dikelola berkat antisipasi yang baik dari penempatan personel, pos, peralatan, dan strategi tindakan lainnya. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan balik tanpa terhambat oleh kemacetan.

Dari segi kecelakaan lalu lintas, terjadi penurunan signifikan dibandingkan dengan operasi Ketupat sebelumnya. Jumlah kecelakaan turun dari 314 kasus menjadi 247 kasus, menurun 21 persen. Sedangkan korban meninggal dunia turun dari 41 jiwa menjadi 21 jiwa, menurun 49 persen.

Selama operasi, ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mencatat 446.796 pelanggaran, dan sebanyak 3.147 pelanggaran ditindaklanjuti dengan tilang. Tilang diberikan kepada pelanggar seperti konvoi, tidak menggunakan helm, dan berboncengan tiga berkedok bagi-bagi takjil.

Selain itu, terdapat 72 tilang manual diberikan kepada kendaraan angkutan barang yang beroperasi pada jam-jam yang tidak seharusnya, sesuai dengan pembatasan yang ditetapkan untuk memprioritaskan masyarakat yang akan mudik dan balik pada Lebaran 2024.

"Dengan tindakan tegas yang terukur, baik melalui tilang maupun teguran, kami bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan kelancaran perjalanan masyarakat pada rangkaian Lebaran tahun ini," ungkapnya.

Keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat Pallawa 2024 merupakan hasil kolaborasi dari seluruh instansi terkait, masyarakat, dan jajaran Polda Sulsel. Dirlantas Polda Sulsel menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab operasi dengan baik. (***)

  • Bagikan