Video Penampakan Gunung Ruang di Sitaro yang Muntahkan Lahar Panas Hingga Kilatan Petir

  • Bagikan
Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

RAKYAT SULSEL.CO - Terjadi erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan SIau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawei Utara pada Rabu, 17 April 2024.

Bahkan gunung ruang tersebut memuntahkan lava pijar disertai kilatan petir.

Beredar di media sosial sebauh rekaman terjadinya erupsi gunung ruang serta kilatan petir.

Dalam video berdurasi 28 detik tersebut memperlihatkan aktivitas Gunung Ruang yang mengeluarkan lava beserta awan hitam yang menggumpal dan adanya kilatan petir.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan peringatan tsunami setelah serangkai erupsi eksplosif yang disertai awan panas terjadi di Gunung Ruang.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Data PVMBG menyebutkan selama kurun waktu 24 jam terakhir sudah terjadi lima kali erupsi dengan ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak Gunung Ruang.

Erupsi eksplosif itu menimbulkan suara gemuruh, gempa, dan kilatan petir vulkanik.

Pada periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.

Gempa terasa tercatat empat kali dengan skala I MMI. Jumlah kegempaan terutama gempa vulkanik dalam yang terjadi pada periode 1-17 April 2024 menunjukkan kenaikan yang signifikan dibandingkan bulan Maret 2024.

  • Bagikan