4 Tanda Tubuh Terkena Dehidrasi

  • Bagikan
Ilustrasi: Tubuh Dehidrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan dan hal ini dapat mengganggu cara kerja tubuh.

Perlu diketahui bahwa dehidrasi tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja tetapi anak hingga orang tua juga bisa terkena dehidrasi.

Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa tubuhnya telah mengalami dehidrasi. Untuk itu, ini ada beberapa tanda tubuh kamu yang terkena dehidrasi yang dilansir dari Kemenkes dan Hellosehat pada Jumat (19/4).

1. Merasa lelah atau kurang energi

Tanda tubuh yang dehidrasi yaitu tubuh akan merasa lelah karena tubuh kekurangan air yang dimana dapat mempengaruhi proses peredaran darah.

Jika volume darah berkurang maka tekanan darah akan menjadi rendah. Sehingga menyebabkan kamu menjadi mudah lelah, mengantuk, pusing ataupun kebingungan.

2. Pusing

Selanjutnya yaitu kamu akan merasa pusing karena tubuh yang kekurangan cairan, maka volume darah akan berkurang.

Hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan membuat otak menjadi kekurangan darah.

3. Bau mulut

Tanda selanjutnya jika tubuh kamu dehidrasi yaitu bau mulut karena saat tubuh kekurangan air, maka produksi air liur akan berkurang.

Seperti yang diketahui bahwa air liur memiliki fungsi yaitu untuk membersihkan mulut dari sisa makanan dan antibakteri.

Jadi jika air liur menurun, makan sisa kotoran yang ada di dalam mulut bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untuk itu, jangan lupa untuk minum air putih agar nafas menjadi segar dan tidak bau.

4. Sembelit

Jika kamu susah untuk buang air besar atau sembelit, bisa jadi tubuh kamu sedang dehidrasi. Makanan berserat sangat penting agar BAB lancar.

Namun perlu diketahui bahwa asupan minum air juga tidak kalah penting karena jika usus besar kamu kekurangan cairan, hal ini akan membuat feses kamu menjadi keras dan sulit untuk keluar.

Demikian informasi mengenai empat tanda tubuh dehidrasi yang harus diwaspadai. (jp/raksul)

  • Bagikan