PSBM XXIV: Selamat Datang Saudagar Bugis-Makassar, Saatnya Pasarkan Potensi Sulsel!

  • Bagikan
PEMANTAPAN. Penjabat Sekretaris Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad bersama Panitia Pelaksana PSBM melakukan rapat pemantapan acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIV di kantor Gubernur Sulsel, Kamis (18/4/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perhelatan tahunan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XXIV mulai dihelat, Sabtu 20 April 2024, besok. Momentum tersebut diharapkan bukan sekadar seremonial dan silaturahmi tahunan biasa antarsaudagar-saudagar sukses asal daerah ini. Lebih dari itu, para pebisnis lokal yang telah berkiprah secara nasional dan mancanegara itu, ikut andil dalam memasarkan seluruh potensi Sulawesi Selatan di mata dunia.

Pemerintah Sulawesi Selatan tak ingin melewatkan momentum PSBM ke-XXIV, begitu saja. Itu sebabnya, jauh hari sebelum pelaksanaan, Pemprov Sulsel terus melakukan persiapan. Salah satunya, menggelar rapat pemantapan acara yang dipimpin oleh Penjabat Sekretaris Provinsi, Andi Muhammad Arsjad di kantor Gubernur Sulsel, kemarin.

Menurut Arsjad, PSBM diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan untuk Sulsel, sebab para pengusaha dan saudagar yang bekerja di luar wilayah Sulsel dapat memasarkan potensi yang ada di daerah ini. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Sulsel masih di angka empat persen dengan tingkat kemiskinan 8,7 persen.

“Pendapatan perkapita kita masih di bawah jauh dari nasional. Kami berharap PSBM bisa mendatangkan para saudagar Sulsel dengan membawa spirit wirausaha, spirit entrepreneur. Ini bisa memotivasi serta bisa melahirkan kerja sama dengan jaringan bisnis mereka,” ujar Arsjad.

Arsjad menuturkan, selain dampak ekonomi, dampak sosial tentu akan terbangun semakin erat dari penyelenggaraan PSBM kali ini.
“Tidak bisa dipungkiri event ini adalah suatu paguyuban besar komunitas sosial yang sangat besar yang dimiliki Sulsel. Sangat potensial sebab dihadiri oleh para saudagar dari Bugis Makassar,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksanaan PSBM Agus Salim menyampaikan pelaksanaan PSBM bakal mempertemukan para tokoh saudagar yang berasal dari Sulsel. Menurut dia, ruang-ruang investasi nantinya dapat dijajal dengan baik satu sama lain, baik antar saudagar pun antara Pemprov Sulsel bahkan Pemkot Makassar.

“Kami akan beri ruang ruang-ruang investasi yang bisa dikembangkan bersama. Para saudagar bisa punya ruang untuk kembali mengembangkan daerah,” ujar Agus.

Salah satu pengusaha yang memastikan hadir dalam acara itu adalah CEO PT. Artha Mas Andalan, Budi Harta Winata. Pengusaha yang sukses mengubah hidupnya berkat kerja keras, tekad kuat, dan doa ini terkenal dengan kisah hidupnya sebagai tukang las di Ibu kota.

Budi Harta Winata dari awal karirnya berprofesi sebagai usaha las keliling. Kemudian bisnis Budi berkembang hingga akhirnya memiliki workshop seluas 20 ribu meter persegi yang disulap menjadi perusahaan dengan nama PT Artha Mas Graha Andalan.

Di Acara tahunan PSBM ke XXIV 2024 yang rutin di gelar ini, rencananya akan dirangkaikan dengan halal bi Halal KKSS di Hotel Sheraton, Jalan Landak Makassar dan akan berlangsung 20-21 April 2024.

Di tahun ini, PSBM ke XXIV 2024 mengusung tema "Peran Saudagar Muslim Bugis-Makassar Membangun Spirit Perekonomian Nasional".

Selain Budi Harta Winata, berbagai tokoh besar Sulsel rencananya akan memeriahkan kegiatan ini mulai dari Jusuf Kalla, Aksa Mahmud, Muchlis Patahna, Bahtiar Baharuddin, Moh Ramdhan Pomanto dan Andi Iwan Darmawan Aras. (abu hamzah-andi hikmah/C)

  • Bagikan