Sering Diabaikan: 7 Gejala Stroke Ringan Ini Jarang Diketahui

  • Bagikan
Ilustrasi Gejala Stroke Ringan

RAKYATSULSEL - Stroke merupakan sebuah penyakit bisa timbul secara mendadak, karena gangguan fungsi saraf dan gangguan aliran darah dalam otak. Penyakit ini perlu segera ditangani, karena bersifat kronis dan cepat melumpuhkan.

Sehingga semakin cepat penanganan stork maka semakin baik, karena bisa menyebabkan kematian apabila terlambat ditangani.

Disebutkan agar bisa benar benar terhindar dari stroke maka dalam waktu 3 jam setelah terserang gejala stroke harus segera ditangani dengan benar.

Dilansir dari laman Halodoc, umumnya penyakit Stroke ini memang diderita oleh seseorang yang sudah lanjut usia, namun seiring berkembangnya zaman, gejala stroke bisa dialami oleh siapapun bahkan anak muda sekalipun.

Maka dari itu dipandang perlu untuk mengetahui tanda tanda gejala stroke yang sering diabaikan dan cara mengatasinya.

Gejala Stroke Ringan yang Sering Diabaikan

Dikutip dari laman Klikdokter, bawah ini adalah beberapa gejala penyakit stroke ringan yang sering diabaikan oleh banyak orang. Lebih lengkapnya sebagai berikut.

  1. Kelelahan dan Pandangan Kabur

Seiring seseorang bertambahnya usia akan dibarengi dengan pandangan mata yang mulai kabur dan susah untuk melihat.

Perlu diwaspadai hal ini ternyata bisa menjadi salah satu indikasi gejala stroke ringan, kemudian pandangan mata yang kabur karena kondisi tubuh yang kelelahan juga bisa menjadi gejala awal penyakit stroke.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena pembuluh darah yang tersumbat sehingga mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke mata, dan menyebabkan masalah penglihatan walaupun tidak ditandai dengan gejala stroke lainnya.

Silahkan lakukan tes dan skrining penyakit stroke di layanan kesehatan terdekat, jika pandangan anda tiba - tiba kabur.

  1. Mati Rasa pada Bagian Tubuh Tertentu

Gejala stroke yang paling umum terjadi adalah mati rasa pada bagian tubuh tertentu, sehingga ketika anda merasakan kondisi tersebut jangan diabaikan.

Apalagi tubuh anda yang mengalami mati rasa berlangsung selama beberapa menit, karena bisa jadi ini adalah gejala stroke ringan.

Walaupun kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh menurunnya aliran darah lewat arteri yang menuju tulang belakang hingga ke bagian kepala, sehingga dapat menyebabkan mati rasa atau kelemahan di salah satu sisi tubuh.

  1. Hilang Keseimbangan

Tidak hanya orang yang sedang dalam keadaan mabuk karena alkohol yang bisa kehilangan keseimbangan.

Kondisi ini juga bisa dialami oleh mereka yang mengalami gejala stroke ringan, karena berkurangnya jumlah aliran darah yang mengalir ke otak.

Maka dari itu, saat anda mengalami hilang kesimbangan secara tiba - tiba dan tidak bisa berjalan lurus lalu mengalami pusing, segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter terdekat untuk menanyakan penyebab utama dari kondisi tersebut.

Karena bisa saja itu adalah gejala awal stroke yang sering diabaikan banyak orang.

  1. Sakit Kepala Sangat Parah

Jika anda mengalami sakit kepala dengan sangat parah secara tiba - tiba tanpa penyebab yang jelas apabila dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, itu bisa menjadi tanda awal stroke.

Bahkan kondisi sakit kepala ini mungkin akan disertai dengan gejala muntah, dan parahnya anda juga bisa pingsan saat mengalami kondisi tersebut. Sehingga segera membutuhkan penangan khusus.

  1. Bicara Tidak Jelas

Tidak semua orang yang berbicara tidak jelas sedang mengalami gejala stroke awal, namun kondisi ini juga perlu diperhatikan karena bisa saja anda sedang dalam mengalami gejala stroke.

Karena bicara tidak jelas adalah kondisi umum gejala stroke. Sehingga, penderita harus berjuang untuk memikirkan kata-kata yang tepat dan selalu berakhir dengan sulitnya mengucapkan sebuah kalimat.

  1. Sulit Memahami Perkataan Orang Lain

Selain kesulitan berbicara, penderita stroke juga terkadang tidak bisa memahami perkataan orang lain.

Hal ini dipicu karena terganggunya aliran darah ke otak bisa membuat terganggunya sejumlah sel dalam otak.

Sehingga kemampuan berpikir seseorang akan terpengaruh dan sulit untuk mencerna apa saja yang disampaikan oleh orang lain.

  1. Lidah Terasa Kaku dan Cadel

Tetap diwaspadai kondisi lidah yang kaku dan cadel juga bisa menjadi gejala awal stroke, karena berbagai hal.

Walaupun mungkin tidak parah namun usahakan untuk tetap memberikan penanganan agar tidak menjadi semakin parah.

Baiklah demikian diatas ulasan mengenai gejala stroke ringan yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Jika anda mengalami satu dari beberapa gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter terdekat. (jp/raksul)

  • Bagikan