Trail Run 6K di Bonto Masunggu, Perkenalkan Wisata Alam Kampung Langit di Bone

  • Bagikan
Trail Run 6K di Bonto Masunggu

Pihaknya siap menyambut para pelari dari seluruh penjuru untuk merasakan pengalaman unik berlari sambil menikmati keindahan alam ekosistem asli dari lembah Gunung Bulusaraung.

"Selama ini, ajang olahraga Fun Run identik dengan area dalam kota. Sekarang kami mencoba membuat suatu konsep baru, yaitu olahraga ini di area resor pegunungan, yang menantang bagi siapa saja yang ingin melihat wisata alam di Kampung Langit (Bone)," katanya.

Adapun lokasi trail run berada di sekitar Kampoeng Langit di Desa Bonto Masunggu, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone. Terletak sekitar 90 km dari pusat kabupaten, tempat ini menawarkan pengalaman menakjubkan melalui keindahan alam dan kekayaan sosial budaya masyarakat setempat.

Desa Bonto Masunggu, yang terletak di Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, berbatasan dengan Kabupaten Maros di sebelah timur, Kabupaten Pangkep di sebelah selatan, serta Kabupaten Barru di sebelah barat dan utara.

Destinasi wisata utama di Desa Bonto Masunggu terletak di Dusun Tokella, yang dikenal memiliki 12 titik lokasi air terjun yang menakjubkan, serta keindahan alam dan keberagaman aktivitas sosial budaya ekonomi masyarakatnya.

Lereng Gunung ini juga memiliki 12 titik air terjun, dengan kearifan lokal yang selalu terjaga hingga kini. Pengunjung dapat menikmati kemegahan air terjun, melihat secara langsung pembuatan gula aren, serta seni budaya masyarakat setempat.

"Itu sebabnya, kami mencoba membangun kegiatan ini untuk mendatangkan orang ke wisata tersebut. Di sana ada potensi alam, dikenal sebagai Kampung Langit, dengan tebing dan air terjun yang menakjubkan," terang Muh Nukmal.

"Harapan kami, sektor wisata bisa dikenal banyak orang, ekonomi kreatif di sana bisa bergerak dan tumbuh, serta potensi alam perlu dikembangkan," tambahnya. (YAD)

  • Bagikan