Fahyuddin, dari Camat Tamalate Menjadi Kadis Tata Ruang Kota Makassar

  • Bagikan

PENULIS : RASMI RIDJANG SIKATi

MAKASSAR, RAKSUL – Fahyuddin Yusuf  menjadi  salah satu dari 467 pejabat baru hasil mutasi dan rotasi  di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang dilantik, di Lapangan Karebosi Makassar,  Jumat, 31 Desember 2021.

Fahyuddin yang kala itu masih menjabat Camat Tamalate diambil sumpahnya untuk jabatan baru sebagai Kepala Dinas Tata Ruang Kota Makassar.

Pria kelahiran Makassar, 25 April 1975 ini mengaku telah mengikuti lelang jabatan Pemkot Makassar sebelum akhirnya dilantik.

Awalnya, lelaki alumni STPDN ini memilih Inspektorat dan Tata Ruang. Tapi akhirnya, beliau dinyatakan terpilih sebagai Kepala Dinas di Tata Ruang.

Diakui, 30 hari kedepan setelah diberikan tanggungjawab, ia akan melihat dulu seperti apa manajemen yang ada di Tata Ruang, termasuk segi pelayanannya.

“Saya akan melihat seperti apa dan kendala serta masalah yang terjadi dan harus segera diperbaiki. Sebab hal ini menyangkut kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” ujarnya, Senin (3/1).

Selain itu, masalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) akan menjadi hal yang perlu mendapat perhatian serius darinya.

“Banyak hal  yang harus segera di reformasi di Tata Ruang Kota Makassar.  Termasuk masalah penataan ruang yang harus dikelola dengan baik. Kadang kala masalah birokrasi disana sampai memakan waktu tiga bulan baru selesai,” ungkapnya.

Makanya,  reformasi birokrasi yang mau dijalankan yaitu menata birokrasi di Tata Ruang dengan baik. (*)

 

Sepuluh Tahun Menjabat Lurah

Fahyuddin Yusuf  mengaku telah menjadi lurah selama sepuluh tahun sebelum menjabat sebagai Camat Tamalate.  Diakui, setelah tamat SMA, ia kemudian  melanjutkan pendidikannya di STPDN pada tahun 1994 dan kemudian selesai di tahun 1998. Awalnya, ia ditempatkan di Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Setelah itu, saya hijrah ke Makassar menjadi lurah di Lette dan Mattoangin di Kecamatan Mariso selama sepuluh tahun,” ujar lelaki yang hobi memelihara ikan ini.

Setelah menjabat lurah, ia kemudian diangkat menjadi Sekretaris Camat Tamalate di 2017.

Kemudian diberi amanah menjabat Camat Tamalate di 2018. Meski sempat di non jobkan sebagai camat  di 2021, ia kemudian diberi amanah oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk menjabat  kembali sebagai Camat Tamalate.

Hingga akhirnya, ia mengikuti lelang jabatan di Pemkot Makassar dan akhirnya terpilih sebagai Kadis Tata Ruang Kota Makassar. (*)

 

  • Bagikan