Mobil Vaccinator Covid-19 RSUD Labuang Baji Klaim Dongkrak Capaian Vaksinasi di Daerah

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Kegiatan vaksin tour lewat mobil Vaccinator Covid-19 oleh tim kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji mengklaim sangat berdampak pada peningkatan capaian vaksinasi di Sulawesi Selatan.

Kegiatan itu, berlangsung sejak dari tahun 2021 hingga sekarang ini telah mendatangi beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

Direktur Utama RSUD Labuang Baji, drg Abdul Haris Nawawi mengatakan dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang memberikan target capaian vaksinasi Covid-19 tiap daerah harus mencapai 70 persen.

Maka saat itu masing-masing unit pelayanan rumah sakit dan dinas kesehatan turun memberikan pelayanan. Sehingga beberapa daerah yang sebelumnya dinilai capaian target vaksinasi Covid-19nya baik tahap pertama dan kedua didatangi.

“Pada bulan November itu kita di Kabupaten Jeneponto selama dua Minggu, dan dua Minggu di Takalar. Capaian posisi pertama Jeneponto cuma 10 persen, dan pada saat kita tingalkan sudah 30 persen lebih,” kata Abdul Haris pada Harian Rakyat Sulsel, Rabu (16/3).

Sementara untuk Kabupaten Takalar, dari 45 persen capaian awalnya naik menjadi 70 persen tepatnya di awal Desember usai didatangi mobil vaksinasi itu. Bukan hanya itu saja, di Kabupaten Wajo dari posisi pertama capaian vaksinasi 60 persen juga naik menjadi 70 persen.

“Jadi tim Provinsi dalam ini RSUD Labuang Baji sebagai motivator teman-teman yang ada di Kabupaten dan Kota. Gerai vaksin yang berjalan untuk kabupaten kota sudah stop pada posisi 80 persen lebih, hampir 90 persen,” bebernya.

Terkahir, dalam tahun 2022 ini, mobil Vaccinator Covid-19 ini mengunjungi Kabupaten Toraja, Luwu Utara dan terkahir Kabupaten Barru.

“Kedepan kita menunggu perintah pak Gubernur, yang jelas gerai vaksin untuk RSUD Labuang Baji masih jalan sampai hari ini,” ujarnya.

Adapun untuk di Kota Makassar sendiri mobil vaksin itu disebut telah bergerak sejak dari bulan September 2021. Titik lokasi vaksinya pun disebut berpindah-pindah sesuai dengan permintaan masyarakat. Mulai dari kawasan industri kima, panti asuhan, juga beberapa wilayah yang masyarakat membutuhkan. Tepatnya lokasi-lokasi yang susah terjangkau.

“Kami mendekatkan diri ke masyarakat jauh lebih banyak dan jauh lebih efektif ketimbang mereka jalan dan keluar (mencari lokasi vaksin),” ungkapnya.

Adapun saat sekarang ini, RSUD Labuang Baji mengaku fokus pada vaksinasi tahap ketiga alias booster. Masyarakat yang ingin divaksin booster bisa datang langsung ke RSUD Labuang Baji Jalan DR. Ratulangi, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. (Isak)

  • Bagikan