Soal Pembangunan Puskeswan di Kecamatan Sinjai Borong, Ini Kata Anggota DPRD Sinjai

  • Bagikan

SINJAI, RAKYATSULSEL- Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Kabupaten Sinjai akan membangun Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Desa Bijinangka, Kecamatan Sinjai Borong pada tahun ini.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk pembangunan fasilitas tersebut sebanyak Rp 1 miliar. Rencana pembangunan Puskeswan tersebut disambut baik oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai, H. Bahar.

Menurutnya, Puskeswan tersebut memang menjadi salah satu kebutuhan warga di Kecamatan Sinjai Borong. Pasalnya, selain hasil pertanian, sektor peternakan juga sangat potesial di wilayah itu.

“Dari beberapa Kecamatan di Sinjai, Kecamatan Sinjai Borong memang belum memiliki Puskeswan. Jadi pembangunan Puskeswan ini memang menjadi kebutuhan warga di sini,” ujarnya, Selasa, (15/3/2022).

Dewan Daerah Pemilihan Dapil III (Kecamatan Sinjai Selatan-Kecamatan Sinjai Borong) ini berharap pembangunan fasilitas Puskeswan ini mampu mengatasi keluhan warga yang sering kesulitan jika kesehatan ternaknya terganggu.

“Kan nanti disitu akan ada juga dokter hewan yang ditempatkan, juga obat-obatan ternak. Jadi akan mempermudah warga di Sinjai Borong berkomunikasi jika kesehatan ternaknya bermasalah,”kata H. Bahar.

Sebelumnya, Plt. Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar menyampaikan bahwa anggaran pembangunan yang digelontorkan oleh Pemkab Sinjai untuk Kecamatan Sinjai Borong mencapai 24,7 miliar.

Hal itu diungkap pada pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Sinjai Borong Tahun 2023 di Aula Kantor Kecamatan beberapa waktu lalu.

Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk bidang pendidikan, bidang infrastruktur, peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan, pembangunan/penyediaan sistem pengelolaan air limbah terpusat skala permukiman, Rehabilitasi talud ruas jalan Biji Nangka-Bonto Sinala dan untuk penanganan pasca bencana.

Selain itu, juga akan digunakan untuk bidang kesehatan, Pembangunan jalan usaha tani, Pembangunan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan bidang keagamaan.

Andi Ilham berharap partisipasi dan dukungan semua pihak agar pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sinjai Borong dapat berjalan lancar.

“Mohon partisipasi kita semua untuk menyukseskan pembangunan di Kecamatan Sinjai Borong ini. Insya Allah, apa yang telah diupayakan pemerintah daerah akan dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan,”pungkasnya. (Sam).

  • Bagikan