Andi Burhanuddin Solong Tatap Pilkada Bone

  • Bagikan
Andi Burhanuddin Solong

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah nama mulai mengemuka menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bone pada 2024. Salah satu tokoh yang tengah hangat diperbincangkan adalah Andi Burhanuddin Solong alias ABS.

ABS merupakan pengusaha sekaligus politikus terkemuka yang lama berkarir di Kalimantan Timur. Kiprahnya di dunia politik terbentang panjang. ABS pernah menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Balikpapan.

Tak tanggung-tanggung, ABS menduduki pucuk pimpinan parlemen Kota Balikpapan selama dua periode yaitu 2004-2009 dan 2009-2014 melalui Partai Golkar.

Karier politik ABS makin melejit saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur pada 2014-2019. Saat itu, ABS menjadi kader Partai Berkarya sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Kalimantan Timur.

ABS juga malang melintang di dunia organisasi. Pernah menjabat Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Balikpapan, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Balikpapan, Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalimantan Timur, dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balikpapan.

Pada Pilkada 2024, lelaki kelahiran 15 Juni 1957 itu punya hajatan politik di kampung halamannya. Politikus gaek berdarah Kecamatan Kahu ini telah mempersiapkan diri untuk menjajal perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Bone.

"Kami dari rumpun keluarga meminta beliau kembali untuk membangun ke kampung halaman," kata salah seorang keluarga ABS, Haji Andi Firman Mappanganro, Selasa (2/8/2022).

  • Bagikan