Kemenag Maros Raih Penghargaan Bimbingan Manasik Haji Terbaik se-Sulsel

  • Bagikan
Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief, menyerahkan penghargaan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Maros, Abd Hafid M. Talla di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (27/9/2022).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros meraih penghargaan penyelenggaraan bimbingan manasik haji terbaik untuk penyelenggaraan ibadah haji embarkasi Makassar tahun 1443 H/2022 M.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief, kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Maros, Abd Hafid M. Talla di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (27/9/2022).

Dalam prosesi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenag Sulsel), Khaeroni, ikut mendampingi penyerahan piagam.

Terkait ini, Kakankemenag Abd Hafid, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan mengungkap beberapa kunci sukses bimbingan manasik di Kabupaten Maros.

“Pertama, terima kasih kepada pimpinan yang telah memberikan apresiasi terhadap kinerja kami. Hal ini merupakan wujud kerja sama tim dan seluruh stakeholder, terutama bank mitra. Ini juga tak terlepas dari perhatian dan bimbingan serta sinergitas kegiatan dengan pemerintah Kabupaten Maros”.

“Kami juga telah melaunching dan melaksanakan manasik haji sepanjang tahun yang melibatkan seluruh sumber daya, terutama melibatkan penyuluh agama untuk menyosialisasikan dan memberikan pemahaman tentang ibadah haji kepada majelis taklim se-Kabupaten Maros”.

“Hal penting lain, bahwa dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji yang telah dilaksanakan, kami terlebih dahulu bertemu dengan para narasumber dan pelaksana teknis kegiatan untuk menyamakan persepsi dan membincang target, indikator capaian-capaian materi manasik haji”, jelasnya.

Lebih detail, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Maros, (Kasi PHU), Ahmad Ihyaddin, mengungkapkan kerja sama teknis dalam pelaksanaan manasik haji di Kabupaten Maros.

“Pelaksanaan kegiatan pembinaan manasik haji, layanan haji, dan umrah, Seksi PHU Kantor Kemenag Maros melaksanakan manasik selama 10 hari di 14 kecamatan se-Kabupaten Maros. Dengan melibatkan: madrasah negeri, Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Maros yang melibatkan pimpinan Ponpes se-Kabupaten Maros, Kepala Madrasah Negeri, tenaga pendidik dan kependidikan. Penyuluh agama Fungsional (PNS), Imam Desa/Imam Kelurahan, Ketua MUI Kecamatan, Ketua IPHI Kecamatan dan Ketua Ikatan Imam Masjid Kecamatan se-Kabupaten Maros juga kami libatkan dalam bimbingan manasik haji”.

Sebagai penanggung jawab teknis kegiatan manasik haji, Kasi PHU Ahmad Ihyaddin juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif terhadap seluruh prosesi pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Maros.

“Terima kasih kepada Bapak Kakanwil Kemenag Sulsel dan Bapak Kabid PHU atas kepercayaan dan penghargaannya. Penghargaan ini juga diraih atas dukungan dan arahan Bapak Kepala Kemenag Maros yang didukung dengan kerja keras stakeholder perhajian Kabupaten Maros, dan terkhusus staf Seksi PHU Kantor Kemenag Maros”.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi dan langkah awal untuk Seksi PHU Kantor Kemenag Maros untuk bekerja lebih baik dan bersungguh-sungguh dalam melayani, membimbing dan melindungi jamaah haji Kabupaten Maros, dan seluruh pihak yang terkait dengan perhajian di Kabupaten Maros”, tutupnya. (*)

  • Bagikan