Gandeng KPU, Unibos Gelar Kuliah Umum Penguatan Demokrasi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka menyambut pesta demokrasi tahun 2024 mendatang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bosowa (UNIBOS) gelar kuliah umum Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh BEM Fakultas Psikologi, BEM Fakultas Hukum, dan Bem Kema Fisip Universitas Bosowa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Founder Bosowa Bapak H. Aksa Mahmud, turut dihadiri oleh Rektor Unibos. Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si., dan  seluruh dekan Fakultas Se Universitas Bosowa dan 300 peserta yang mengikuti kuliah umum.

Kuliah Umum ini menghadirkan narasumber Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir, Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, H. Laode Arumahi, Ketua Bawaslu Sulsel H. Laode Arumahi, Dekan Fakultas Hukum Unibos Dr. Yulia Hasan, S.H., M.H., Dekan Fakultas Psikologi Patmawaty Taibe, S.Psi., M.A., M.Sc., Ph.D. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Andi Burhanuddin, S.Sos., M.Si.

Rektor Unibos Batara Surya menuturkan, kegiatan ini sangat bagus karena sebentar lagi negara Indonesia akan melakukan pesta demokrasi tahun depan.

"Narasumber ada dari Bawaslu, KPU, dari dosen fakultas psikologi, hukum, dan sosiologi mereka semua merupakan akademisi dan praktisi yang ahli di bidangnya. Ini adalah Konsep untuk meunculkan dialektika demokrasi dari sudut pandang yang berbeda," katanya.

Olehnya perlu Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu Indonesia dari sudut pandang praktisi dan akademisi. Dia berharap dari kuliah umum ini banyak ilmu baru yang dapat dikembangkan.

"Tentunya untuk masyarakan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menjalankan demokrasi, dan  bangsa bisa lebih sukses lagi kedepan," pungkasnya

Sedangkan, Founder Bosowa Aksa Mahmud dalam sambutannya  menjelaskan kegiatan seperti ini dilakukan agar membuka cakrawala kita mengenai demokrasi karena memahami sistem demokrasi yang ada.

Maka mahasiswa akan mengetahui dunia seperti apa, demokrasi harus dikaji dan didiskusikan karena kita pasti akan lalui dan mahasiswa Unibos kedepannya akan memegang estafet kepemimpinan.

"Saya harap unibos akan melahirkan pemimpin-pemimpin demokrasi, tentunya dengan mempersiapkan diri dengan salah satu caranya  seperti mengadakan kuliah umum, diskusi ilmiah dan lainnya yang menghadirkan para akademisi dan praktisi di bidangnya," tuturnya

Lanjut dia, kegiatan ini juga memiliki visi kedepannya mungkin mahasiswa Unibos akan  mulai menulis skripsi, tesis dan disertasi dalam bahasa english.

"Agar mahasiswa Unibos terlatih dalam bahasa Inggris dan dapat memimpin forum-forum Internasional, dan bersaing secara Global," jelasnya. (Yad/A)

  • Bagikan