Inovasi Kantor DEWIKU Disporapar Parepare Dipuji, Penguji: Inovasinya Sangat Tepat

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Inovasi kantor DEWIKU (Destinasi Wisataku) yang digagaa Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwiasata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka dipuji oleh Penguji.

Pujian itu disampaikan Penguji yang akrab disapa Mila saat menilai pemaparan inovasi Amarun Agung Hamka pada penilaian Lomba Inovasi Kota Parepare di kantor Puslatbang KMP LAN RI, Jumat, 3 Maret 2023.

Pada inovasi kantor DEWIKU ini, Hamka, sapaan karib eks adc Wali Kota Parepare, Taufan Pawe ini menunjukkan bagaimana ia merubah lingkungan kerja dengan kondusif nan nyaman layaknya destinasi wisata.

Kantor Disporapar Parepare yang disulap sedemikian rupa itu untuk membuat para pegawai dan pengunjung betah dan nyaman seperti saat sedang berwisata.

"Inovasinya sangat tepat. Untuk merubah budaya kerja organisasi yang lebih baik dengan menciptakan inovaai merubah lingkungan kerja yang lebih nyaman," ucap Mila, salah seorang Penguji yang diketahui pernah bekerja di kantor Harian Fajar ini.

Pada inovasi itu, nampak Hamka sangat detail dalam mengubah kantor tempat kerja layaknya seorang Dewi.

Bahkan pun dilengkapi dengan filosofi-filosofi setiap bagiannya.

Misalnya pada konsep logo yang menggunakan simbol dan filosofi masyarakat Bugis; Anjong Bola yang bermakna kemegahan, kemuliaan, pencapaian/puncak tertinggi

"Anjong bola merupakan kepala rumah, hal ini menjadi simbol kemegahan, kemuliaann dan pencapaian dunia
yang telah dilalui manusia. Bentuk menukik diagonal mengikuti struktur atap rumah Bugis kemudian dibuat
saling bertaut dan menyangga, itu merupakan sebuah simbol kera bersama, menguatkan bersama, menuju
tujuan bersama," papar Hamka.

Pada logo ini pula lanjut dia, dibuat dalam 2 bentuk konfigurasi yang melingkar sebagai bentuk dukungan. Sementara bentuk yang satu dibuat dalam bentuk segitiga yang disusun dari 2 bentuk 'anjong bola' (*)

  • Bagikan