Dor! Pelaku Begal Wanita di Makassar Dibekuk Polisi

  • Bagikan
pelaku begal inisial HR (24) di Kota Makassar terpaksa ditembak petugas saat akan diamankan karena melakukan perlawanan dan mencoba kabur dari kejaran polisi pada Selasa (14/3/2023) malam. Foto: ISAK PASA'BUAN/RAKYATSULSEL.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Salah seorang pelaku begal inisial HR (24) di Kota Makassar terpaksa ditembak petugas saat akan diamankan karena melakukan perlawanan dan mencoba kabur dari kejaran polisi pada Selasa (14/3/2023) malam.

Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS kepada mengatakan, HR dibekuk Tim Opsnal Polsek Tamalate di Jalan Deppasawi, Kecamatan Tamalate berdasarkan laporan Polisi: LP/B/213/III/2023/RESTABES MKS/SEK TAMALATE. Dimana HR melancarkan aksi jambretnya di Jalam Metro Tanjung Bunga, pada Minggu (12/3/2023) malam.

"Pelaku ini melancarkan aksinya saat korbannya sedang mengendarai sepeda motor, pelaku tiba-tiba datang berboncengan dari arah belakang dan merampas tas hitam milik korban," kata Lando, Rabu (15/3/2023).

Dari aksinya itu, pelaku berhasil membawa kabur tas milik korban yang berisi satu unit handphone, serta kartu identitas korban dan uang tunai sebesar Rp 50 ribu yang ada dalam tas tersebut. "Korbannya wanita bernama Putri (20), warga Taeng, Gowa," sebut Lando.

Adapun saat HR diamankan guna pengembangan kasus ini, dia melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Anggota polisi awalnya memberikan tembakan peringatan namun tidak diindahkan pelaku hingga timah panas bersarang di betisnya.

HR selanjutnya di bawa ke rumah sakit Bhayangkara Makassar guna menjalani perawatan medis serta mengeluarkan peluru yang bersarang di betisnya.

"Jadi pelaku ini sempat melakukan perlawanan sehingga anggota mengambil tindakan tegas dan terukur. Pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mako Polsek Tamalate untuk dilakukan penyidikan lanjutan," ujarnya.

Adapun dari hasil interogasi awal, pelaku mengakui perbuatannya melakukan pencurian dengan kekerasan di Jalan Metro Tanjung Bunga. Pelaku mengaku, mengikuti korban dari Jalan Cendrawasih hingga ke Jalan Metro tanjung bunga.

Lando menerangkan, pelaku juga sudah beberapa kali melakukan aksi yang sama di beberapa titik. Di antaranya, Jalan Mapala Kecamatan Rappocini, di Jalan Benteng Kabupaten Gowa, di Jalan Sultan Alauddin Makassar dan di Jalan Racing Center, Kecamatan Panakukang. "Dari hasil penyelidikan sementara, pelaku ini sudah beraksi di beberapa titik," kuncinya. (isak/B)

  • Bagikan