Meningkat, Laba CIMB Niaga Capai Rp6,6 Triliun di Tahun 2022

  • Bagikan
Direktur Strategy Finance dan SPAPM CIMB Niaga, Lee Kai Kwong dan Chief of Network & Digital Baking CIMB Niaga, Budiman Tanjung berbincang saat kegiatan Silaturahmi Media "Kinerja CIMB Niaga Tahun 2022" di Hotel Rinra Makassar, Rabu (5/4).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PT Bank CIMB Niaga Tbk memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp6,6 triliun pada tahun 2022 ("FY2022"). Nilai tersebut naik sebesar 26,7 persen year-on-year (yoy), dan menghasilkan earings per share Rp202.2.

"Hal ini terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp6,6 triliun atau tertinggi hingga saat ini," kata Direktur Strategy Finance dan SPAPM CIMB Niaga, Lee Kai Kwong dalam Silaturahmi Media "Kinerja CIMB Niaga Tahun 2022" di Makassar, Rabu (5/4).

Lee mengatakan di tengah pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia dari tantangan global, CIMB Niaga dapat menangkap peluang untuk mendorong pertumbuhan Bank.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan berkelanjutan dari para stakeholders, sehingga CIMB Niaga bisa menutup tahun 2022 dengan kinerja yang menggembirakan," terangnya.

Menurut Lee, lima Pilar Strategi CIMB Niaga termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis tetap menjadi prioritas strategis jangka panjang CIMB Niaga Di tahun 2023.

CIMB Niaga akan fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah.

Sementara itu, Cimb Niaga mencatat per tanggal 31 Desember 2023 sebanyak 97 persen transaksi nasabah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines ("ATM"), dan Rekening Ponsel.

Dari itu, Cimb Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang.

Dimana, OCTO Mobile, digital super app CIMB Niaga, memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan untuk gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.

Bahkan OCTO Mobile meraih penghargaan dari berbagai institusi atas beragam inovasi dan memberikan pengaruh positif kepada para nasabah di tahun 2022.

Salah satu penghargaan diberikan oleh Bisnis Indonesia sebagai 'Highly Impactful Digital Banking App'.

Chief of Network & Digital Baking CIMB Niaga Budiman Tanjung mengungkapkan kebanggaannya atas capaian yang diraih oleh CIMB Niaga sebagai salah satu pelopor dalam industri perbankan digital di Indonesia.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kapabilitas OCTO Mobile sebagai digital super app, CIMN Niaga telah meluncurkan versi terbaru OCTO Mobile yang mengintegrasikan dan memperkenalkan teknologi, keamanan, dan tampilan terbaru yang memberikan pengalaman transaksi lebih nyaman.

"Kami menghadirkan transformasi yang signifikan dan menarik di OCTO Mobile. Hal ini memperkuat komitmen kami untuk selalu mengedepankan nasabah sebagai bagian dari kampanye Anda #YangUtama," kata Budiman, Rabu (5/4).

Untuk, OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up.

Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia dari CIMB Niaga.

Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

"Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam transaksi perbankan bersama CIMB Niaga,"jelas Budiman.

Budiman mengaku bersyukur atas upaya tersebut meningkatkan net promoter Score (NPS) kami dari tahun ke tahun. Di tahun 2022 skor NPS CIMB Niaga meningkat 12 persen, dari 38 persen menjadi 50 persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak nasabah yang bersedia untuk merekomendasikan CIMB Niaga kepada keluarga, teman, atau kolega mereka," ungkap Budiman.

Tak hanya itu, beberala waktu yang lalu CIMB Niaga berhasil meraih Peringkat Terbaik dalam Survei Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) 2023 untuk kategori Bank Umum Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) 3 dengan nilai tertinggi pada aspek loyalty & engagement.

" Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah, karyawan, dan para stakeholders atas kepercayaan, dukungan, dan keyakinan terhadap CIMB Niaga selama ini," tambah Budiman.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 417 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge).

Per 31 Desember 2022, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.207 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 298.866 electronic data capture (EDC & QR). (Sas/A)

  • Bagikan