Dinilai Layak Bertarung di Pilwalkot Palopo 2023, Firmanza: Saya Loyal dan Tegak Lurus ke Pimpinan

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Palopo, Firmanza

PALOPO, RAKYATSULSEL – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 makin intens dibicarakan. Termasuk di Kota Palopo, sejumlah nama juga bermunculan.

Salah satunya yakni sosok yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Palopo, Firmanza DP. Nama Firmanza mencuat sebagai salah satu calon Wali Kota.

Sebelumnya, terkait peluang maju di Pilkada, Firmanza mengaku masih aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan fokus membantu bapak Wali Kota Palopo, HM Judas Amir.

“Saya loyal dan tegak lurus ke pimpinan,” ujar Firmanza saat dikonfirmasi, Senin (3/5/2023).

Diakuinya sejauh ini belum ada kepikiran untuk memasuki dunia politik. Apalagi menurutnya 2024 masih waktu yang lama.

“Kalau jadi ke sana, artinya sesuai UU saya harus keluar dari ASN. Sampai saat ini belum ada kepikiran untuk hijrah ke politik,” katanya.

Sejauh ini Firmanza masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Sekda di Pemkot Palopo.

“Saya masih fokus menjalankan tugas saya sebagai Sekda,” tandas mantan kepala Bappeda Kota Palopo ini.

Menanggapi hal tersebut, salah satu akademisi Kota Palopo yang juga merupakan Dekan FKIP Unismuh, Dr. Imam Pribadi, M.Pd.I menilai, sosok Firmanza cukup layak jika menjadi salah satu kandidat calon kepala daerah.

Dirinya menjelaskan, Firmanza memiliki segudang pengalaman didunia Pemerintah.

“Sosok Firmanza banyak pengalaman didunia Pemerintahan. Terbukti saat ini menjabat sebagai Sekda yang banyak memahami soal Pemerintah dari segi administrasi hingga hal teknis lainnya,” jelasnya.

Aktivis Muhammadiyah ini menambahkan, Firmanza juga memiliki cukup banyak kans politik dari kalangan masyarakat hingga jaringan keluarga besarnya di Kota Palopo.

Hal ini dapat dijadikan salah satu variabel untuk mengukur tingkat elektabilitas yang dimiliki mantan Kepala Bappeda Palopo ini.

“Jaringan yang luas mulai dari kalangan masyarakat hingga keluarga besar yang dimiliki Firmanza merupakan salah satu modal yang cukup untuk menjadi salah satu kandidat Calon Wali Kota ataupun Wakil Wali Kota yang patut diperhitungkan,” tandasnya.

Untuk saat ini ada beberapa nama yang mencuat akan menjadi Calon Wali Kota Palopo.

Mulai dari Farid Kasim Judas (FKJ), Budi Sada, Rahmat Masri Bandaso, dr Nasaruddin, Akhmad Syarifuddin (Ome), Kamal Dakka hingga Nuraini Azis. (*)

  • Bagikan