Disnakertrans Sulsel Imbau Perusahaan Utamakan Rekrut Pekerja Lokal

  • Bagikan
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ardiles Sagaf.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel menekankan seluruh perusahaan yang berlokasi di Sulawesi Selatan dalam perekrutan tenaga kerja lebih mengutamakan warga lokal.

Kepala Disnakertrans Sulsel, Ardiles Saggaf mengatakan, setiap perusahaan yang mau membuka lowongan pekerjaan harus utamakan warga lokal untuk lowongan kerja itu," tegasnya, Selasa (16/5/2023).

Namun, Ardiles mengaku penyebab kurangnya penyerapan tenaga kerja lokal di perusahaan karena pekerja tidak memiliki sertifikat kompetensi. "Peluang-peluang yang mestinya didapatkan untuk orang-orang kita, karena tidak mempunyai sertifikat kompetensi itu yang membuat kita kalah, apabila ada penerimaan," sebutnya.

Ia menegaskan, tak hanya kualitas para pekerja, ia juga sangat memperhatikan dan mengevaluasi para pengusaha dan perusahaan ketika telah melakukan penerimaan, seperti besaran tenaga kerja lokal yang direkrut.

Ia mengatakan, keseriusan pemberdayaan masyarakat dalam hal mendapatkan kerja itu merupakan suatu tanggung jawab tersendiri untuk pihaknya. "Karena setiap ada penerimaan itu kita evaluasi," tegasnya.

Bahkan lebih jauh ia berharap para pengusaha dan perusahaan terus meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal ketika melakukan penerimaan karyawan. "Karena kapan mereka tidak berdayakan pekerja lokal itu langsung kita tegur atau pemberian sanksi," pungkasnya. (abu/B)

  • Bagikan