Bertemu Presiden Ukraina di KTT G7

  • Bagikan

Sebagaimana diketahui, invasi yang dilakukan Rusia telah mengganggu distribusi gandum dari Ukraina, khususnya ke negara-negara berkembang. Kesepakatan yang ditandatangani Juli lalu itu akan berakhir pada 19 November mendatang.

Selain masalah pangan, pertemuan Jokowi-Zelensky membahas perbaikan salah satu rumah sakit di Ukraina. Itu merupakan misi kemanusiaan Indonesia.
”Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan Bank Dunia dan Kementerian Kesehatan Ukraina terkait hal ini,” kata Jokowi.

Zelensky menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina. Dia masih ingat bahwa Jokowi adalah salah satu pemimpin negara yang pertama berkunjung ke Kiev di tengah situasi sulit yang dihadapi Ukraina.

”Saya ingat kedatangan Yang Mulia (baca: Jokowi, Red) termasuk yang pertama ke Ukraina. Terima kasih dan kami akan selalu ingat,” ucap dia.

Jokowi juga melakukan pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pertemuan itu dimanfaatkan kedua presiden untuk membahas beberapa hal. Mulai keanggotaan Indonesia di Financial Action Task Force (FATF) hingga soal pertahanan.

  • Bagikan