Bertemu Presiden Ukraina di KTT G7

  • Bagikan

Jokowi meminta dukungan Prancis agar Indonesia bisa diterima sebagai anggota FATF. ”Indonesia satu-satunya negara G20 yang belum menjadi anggota FATF,” ujarnya. Selain itu, dia minta dukungan agar Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) selesai pada tahun depan.

Pada forum G7 sendiri, Jokowi menyampaikan beberapa hal. Salah satunya terkait ajakan kepada para pemimpin negara untuk berani melakukan revolusi besar agar perang dapat dihentikan dan dihindari. Hal itu bertujuan untuk menciptakan perdamaian dunia. Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat menyampaikan pandangannya pada sesi kesembilan KTT G7.

Presiden ke-7 RI itu menyebutkan, semua pihak menginginkan dunia yang damai, stabil, dan sejahtera. Namun, keadaan yang ada pada saat ini tidak selaras dengan hal tersebut.

”Ketidakpercayaan makin tebal. Rivalitas makin meruncing. Perang dan konflik masih terjadi di mana-mana,” katanya.

Selain itu, di tengah berbagai macam krisis dunia yang makin mengkhawatirkan, upaya bersama yang dilakukan untuk menyelesaikan perang belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Jokowi menegaskan bahwa perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran adalah tanggung jawab dan tujuan bersama. Karena itu, dia mengajak para pemimpin dunia untuk melakukan perubahan.

Sementara itu, dikutip dari The Guardian, Ukraina mendapatkan dukungan diplomatik penuh dari negara-negara anggota maupun sekutu G7. Pemimpin 45 tahun itu tidak pulang dengan tangan kosong.

  • Bagikan