Cegah Stunting, Pemprov Sulsel Gagas Inovasi Gerakan Bumil “Macakka Ladde”

  • Bagikan
Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sulsel saat menggelar workshop Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Hotel Tree Makassar, 14-15 Juni 2023.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sulsel menggelar workshop Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Hotel Tree Makassar, 14-15 Juni 2023.

Dalam workshop ini membahas program inovasi Provinsi Sulsel dalam percepatan penurunan stunting dan kematian ibu dan anak.

Pembahasan ini merupakan isu strategis karena selama dua tahun ini, Sulsel hanya mampu menurunkan prevalensi stunting balita sebesar 0,2 poin dari 24,6% menjadi 24,4% masih jauh dari target sebesar 14% pada tahun 2024.

Para peserta yang berasal dari lintas sektor saling membagikan pengalaman dan pengetahuan tentang aksi pencegahan yang sudah dilakukan.

Melalui analisa dan kajian akademik dr Prof Arlin Adam yang hadir sebagai narasumber akhirnya ditemukan pra-gagasan inovasi Sulsel dalam percepatan penurunan stunting dan AKB/AKI melalui Gerakan Ibu Hamil "Macakka Ladde" yang berarti ibu hamil yang sehat adalah bumil yang menerapkan perilaku hidup sehat.

MACAKKA LADDE sendiri merupakan singkatan dari Makan makanan gizi seimbang, CeriA menjalani masa kehamilan, persalinan aman, IMD, dan mendapatkan Dukungan keluarga.

"Perilaku yang mencerminkan wajah bumil yang macakka ladde mengandung dimensi fisik, psikis, dan ekososbud sehingga jika diperankan secara konkret oleh setiap bumil maka setiap anak yang dilahirkan berpotensi menjadi anak yang sehat, kuat, dan terampil," ungkap Arlin Adam yang juga Dewan Pembina Yayasan Mitra Husada Sulsel.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Koordinator Pelayanan Dasar Biro Kesra Prov Sulsel Drs.H.Adnan Nawawi MSi dan sekaligus membawakan materi tentang forum gerakan masyarakat sehat Prov Sulsel.

"Keberhasilan GERMAS sangat ditentukan oleh kolaborasi antar sektor yang ditunjang dengan gerakan prinsip bersama, motivasi bersama, dan kapasitas bertindak secara sama," paparnya. (*)

  • Bagikan