Survei Terbaru TII, Center for Public Policy Research: Anak Muda Butuh Rekam Jejak Capres dan Caleg

  • Bagikan
Pemilu 2024 Dinilai Menjadi Era Milenial

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, anak muda membutuhkan informasi peserta pemilu baik visi-misi, program partai, rekam jejak, serta visi-misi calon presiden dan calon anggota legislatif (caleg).

Hal ini juga ditunjukkan dari temuan angket yang dilakukan lembaga survei atau peneliti The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII).

Manajer Riset dan Program, The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) Arfianto Purbolaksono mengatakan temuan ini berdasarkan hasil angket yang dilakukan oleh TII pada 8 – 31 Mei 2023, dengan menggunakan metode snowballing yang melibatkan 165 responden anak muda dengan rentang usia 17 hingga 30 tahun atau yang telah menikah.

"Dari 165 responden angket ini, sebanyak 41,82 persen responden membutuhkan informasi terkait rekam jejak, visi, misi, serta program yang ditawarkan oleh Calon Presiden dan Wakil Presiden," ujar Arfianto, Jumat (16/6).

Selanjutnya, 18,18 persen membutuhkan informasi terkait Partai Politik peserta Pemilu dan visi, misi, serta program yang ditawarkan. Kemudian, 17,58 persen membutuhkan informasi terkait rekam jejak calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi; DPRD Kabupaten/ Kota.

"Temuan terkait kebutuhan informasi berkorelasi dengan masih tingginya angka jawaban responden yang menyatakan belum menentukan pilihan partai politik yang sebesar 42.42 persen, serta belum menentukan pilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang sebesar 41,82 persen," jelasnya.

  • Bagikan