400 Kader dan Pengurus PDIP Sulsel Ikut Peringati Haul Bung Karno

  • Bagikan
Rombongan Pengurus dan Kader PDIP Sulsel ke Haul Bung Karno

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Haul Bung Karno setiap tahun diperingati oleh PDI Perjuangan. Tahun ini pelaksanaan kali ini dilaksanakan di GBK Jakarta dengan melibatkan ratusan ribu pengurus, kader dan simpatisan PDI Perjuangan seluruh Indonesia.

"Sebanyak 400 orang pengurus, kader dan satgas PDIP Sulsel ikut Haul Bung Karno," kata Ketua PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri, Kamis (22/6).

Peringatan Haul Bung Karno merupakan rangkaian kegiatan PDI Perjuangan dalam Bulan Bung Karno, dimulai dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni.

Sedangkan, peringatan Hari Lahir Bung Karno tanggal 6 Juni dan puncak Bulan Bung Karno dilaksanakan dengan Peringatan Haul Bung Karno yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2023.

Ridwan A.Wittiri menuturkan, memperingati hari Kelahiran Bung Karno adalah wujud penghormatan terhadap jasa beliau, selain peran besarnya dalam kemerdekaan Indonesia.

"Juga peran beliau melahirkan gagasan yang kemudian menjadi ideologi dan dasar negara yakni Pancasila. Keteladanan Bung Karno harus diikuti khususnya menyangkut persatuan bangsa," jelasnya.

Sedangkan, Rudy P. Goni selaku Sekretaris DPD PDIP Sulsel menyebutkan, banyak legacy Bung Karno yang bisa diambil sebagai pelajaran. Bagaimana beliau memberi pemahaman tentang kebangsaan.

"Yang bukan hanya seputar 'le desir detre ensemble (keinginan untuk bersatu)', terapi juga melihatnya pada perspektif geopolitik (kesatuan wilayah bangsa)," singkatnya.

Pada kesempatan ini. Risfayanti Muin selaku Ketua Bappilu DPD PDIP Sulsel menilai Bung Karno menyatukan Islam dan Kebangsaan. Bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa dan musyawarah adalah sejatinya nilai keislaman.

"Nilai kebangsaan dipertegas Bung Karno melalui Kebangsaan, Kamanusiaan, Demokrasi, Keadilan Sosial dan Ketuhanan," tuturnya.

Diketahui, Haul Bung Karno di GBK akan diisi dengan kegiatan konsolidasi, arahan2 menyangkut kepartaian serta games2 yang membangun soliditas.

DPD PDI Perjuangan Sulsel sendiri memberangkatkan 400 orang Pengurus, Kader dan Satgas Partai dalam kegiatan Haul Bung Karno tsb. Satgas PDI Perjuangan Sulsel sebanyak 60 orang dan 340 orang adalah pengurus, kader dan caleg DPD PDI Perjuangan Sulsel. (Yadi/B)

  • Bagikan