Nahkoda Baru, PSI Realistis Raih Kursi di Pileg 2024

  • Bagikan
Pengumuman penunjukan Muhammad Surya sebagai Ketua DPW PSI Sulsel dalam acara Kopi Darat Pengurus PSI se-Sulsel, di Hotel Aryaduta, Makassar, beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel realistis pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang setelah kepemimpinan DPW PSI telah berganti.

PSI Sulsel sebelumnya dinahkodai oleh Affandy Agusman kini diganti oleh Muhammad Surya, yang juga sebagai Bakal Calon Legislatif di DPR RI.

Ketua PSI Sulsel, Muhammad Surya mengatakan, jika pihaknya sudah menargetkan PSI bisa mendapatkan kursi baik di DPR RI, DPRD Provinsi, maupun DPRD kabupaten Kota.

"Target pastinya pecah telur dong, karena kan PSI belum punya kursi. Kita target bisa dapat kursi pada Pileg 2024 ini," kata Ketua DPW PSI Sulsel, Muhammad Surya saat dikonfirmasi, Senin (26/6/2023).

Dirinya pun menargetkan seluruh kabupaten/kota di Sulsel mendapatkan kursi. Namun ada 4 daerah yang ditargetkan mendapatkan satu fraksi di DPRD. Yakni Makassar, Luwu, Palopo, dan Toraja.

"4 daerah ini punya potensi mendapatkan 1 fraksi di DPRD," harapnya.

Terkait dengan banyaknya bacaleg PSI Sulsel yang belum memenuhi syarat (BMS) Muhammad Surya mengatakan jika pihaknya sudah menyiapkan perbaikan berkasnya dalam seminggu terakhir ini.

"Kami berharap sebelum batas penutupan masa perbaikan yaitu tanggal 9 sudah siap. Paling tidak tingkat keterisian setiap dapil di Sulsel sebesar 80 sampai 85 persen bisa terisi," ujarnya.

Muhammad Surya mengatakan, saat pendaftaran pertama di KPU Sulsel tingkat keterisian bacaleg sebesar 100 persen. Namun melihat ada beberapa yang mundur sebagai bacaleg maka dipastikan tingkat keterisian berkurang. PSI Sulsel berupaya agar tingkat keterisian bacaleg bisa sampai 80 hingga 85 persen di masa perbaikan nanti.

"Karena ada bacaleg yang mundur. Contoh saja Pak Affandi kan beliau mundur sebagai bacaleg. Tapi kami sudah siapkan berkas perbaikannya Insyallah kami segera melaksanakannya," jelasnya. (Fah/B)

  • Bagikan