Usai Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisioner Takalar-Selayar, KPU Sulsel Kirim 20 Nama ke Pusat

  • Bagikan
Logo KPU

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU Sulsel, telah melakukan fit and propertes terhadap 20 calon Komisioner di dua daerah masuk zona II dan III yakni calon KPU Kabupaten Takalar dan Selayar.

"Sudah, belangsung hanya 1 hari (Minggu 2 Juli) kemarin. Fit and propertest calon KPU Kabupaten Takalar dan Selayar," kata anggota KPU Sulsel, divisi SDM Tasrif Senin (3/7/2023).

Menurutnya, 10 nama ikut FPT ataunujinkepatututan dan kelayakan ini sudah menjalani proses sejak awal. Dimana dari puluhan pendaftar yang mengikuti tahapan timsel hingga terkahir 10 nama ini akan dikirim ke KPU RI menentukan 5 nama komisioner KPU di masing-masing daerah.

Diakui bahwa usai uji kelayakan potensi calon komisioner maka pihak KPU Sulsel mengantar langsung berkas ke KPU RI. Hal ini dikarenakan tugas timsel sudah selesai pada pengumuman 10 besar.

"Yang ikut FPT 20 orang, Takalar 10 orang dan Selayar 10 orang. Insya Allah hari ini kami antar hasilnya FPT ke KPU RI," tutur mantan komisioner KPU Gowa itu.

Adapun materi dalam FPT berkaitan dengam kualitas dan kemampuan calon komisioner. Baik soal integritas, soal kapasitas kepemiluan, soal leadership, soal membangun komunikasi yang baik, soal inovasi dan kreativitas kemudian aspek kesehatan fisik dan mental seperti yang dari awal di tetapkan dari timsel.

"Harapan kami adalah semoga proses FPT ini berjalan sesuai dengan harapan kita semua yakni berjalan dengan lancar," harapnya.

Sebelumnya, berdasarkan berita acara Tim Seleksi Nomor 30/TIMSELKK-GEL 3-BA/04/73/2023 tanggal 4 Mei 2023 tentang hasil tes kesehatan dan tes wawancara bakal calon anggota KPU Kabupaten Kepulauan Selayar periode 2023-2028 dan berita acara Tim Seleksi nomor. 31/TIMSELKK-GEL 3-BA/04/73/2023 tanggal 4 Mei untuk Kabupaten Takalar Periode 2023-2028.

Nama-nama calon anggota KPU Kepulauan Selayar yang lolos 10 besar, terdiri dari sembilan orang laki-laki dan satu perempuan yaitu: Abdul Rahim, Ahmad S, Anastasia Eka Putra, Andi Dewantara, Andi Ratna, Iskandar, Jasiruddin, Mansur Sihadji, Muhamad Arsat, dan Wahyuddin.

Untuk nama-nama calon anggota Kabupaten Takalar lolos 10 besar yakni: A Jimmi Rusman, Hamdani Pattiiha, Ibrahim Salim, Irmawati Kahar, Muh Yasir Kurays, Muhammad Nadir, Muhammad Ridwan, Muhammad Yunus dan Nellyati. (suryadi maswatu-A)

  • Bagikan