Selain Anggaran Usulan KPU dan Bawaslu, Anggaran Pengamanan Pilgub Sulsel juga Dipangkas

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hasil review, Inspektorat Pemprov Sulsel terkait anggaran Pilgub 2024 yang dinilai fantastis dari usulan instansi terkait untuk menghadapi hajatan pemilih 5 tahun sekali di Provinsi ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, setelah dilakukan pencermatan oleh tim Inspektorat Sulsel, sejumlah pos anggaran yang diusulkan KPU Sulsel dan Bawaslu Sulsel dipangkas lantaran dinilai tidak perlu.

Khusus usulan KPU Sulsel yang awalnya sebesar Rp408 miliar, setelah direview sejumlah item terdapat selisih sebesar Rp20 miliar yang dipertanyakan pihak Pemprov, sehingga butuh rasionalisasi lebih dalam. Jika KPU Sulsel tidak mampu merasionalisasikan, maka sejumlah item tersebut akan di pangkas.

Sedangkan usulan awal anggaran Bawaslu sebesar Rp176 miliar juga setelah direview akan dipangkas menjadi Rp174 miliar.

Tak sampai disitu, hasil review Inspektorat usulan anggaran pengamanan bagi pihak Kepolisian (Polda) dan TNI (Kodam) untuk pelaksanaan Pilgub 2024 mendatang juga turut mendapat pemangkasan.

Dimana alokasi usulan awal TNI sebesar Rp20 miliar, dipotong menjadi Rp19 miliar. Sedangkan anggaran Polri yang awalnya Rp118 miliar, menjadi Rp109 miliar, alias mengalami pemangkasan sebesar Rp9 miliar.

Sekretaris Kesbangpol Sulsel, Ansar mengatakan, review dari Inspektorat Sulsel dilakukan agar penganggaran Pilgub Sulsel mendatang bebas dari proses hukum.

  • Bagikan