Unhas dan BSN Kerjasama Pengembangan Standarisasi Indonesia Melalui Peresmian SNI Corner

  • Bagikan
Unhas dan BSN Kerjasama Pengembangan Standarisasi Indonesia Melalui Peresmian SNI Corner, (Foto Suryadi)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebagai bentuk kontribusi dalam mendorong pengembangan standardisasi Indonesia, Universitas Hasanuddin kerja sama Badan Standar Nasional (BSN) secara resmi menghadirkan SNI Corner yang bermanfaat sebagai media penyebaran Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Peresmian SNI Corner berlangsung pukul 10.00 Wita di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (17/7/2023).

Hadir dalam kegiatan Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Perencanaan dan Keuangan (Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D., Apt), Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dr. Ir. M. Yahya, S.T., M.Eng), dan jajaran pimpinan lainnya lingkup Unhas. Adapun perwakilan dari BSN yakni Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Layanan Informasi (Zul Amri, ST).

Mengawali kegiatan, Zul Amri dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas apresiasi dan upaya aktif yang dihadirkan oleh Unhas dalam mendukung penyebaran informasi standardisasi lingkup kampus.

Menurutnya, kolaborasi ini sangat penting karena tidak hanya memberikan manfaat secara organisasi, namun juga bagi Indonesia.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan BSN hadir dengan tanggungjawab mengelola standardisasi yang memuat banyak hal. Olehnya itu, kolaborasi dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan.

“Kita butuh kolaborasi dengan banyak pihak, untuk perguruan tinggi sendiri kami mempunyai kurang lebih 80 kerja sama. SNI corner adalah sebuah pojok unit informasi dimana bisa digunakan sebagai tambahan informasi dan mendekatkan BSN dengan masyarakat termasuk kalangan akademisi,” jelas Zul Amri, Selasa (18/7/2023).

Pada kesempatan yang sama, Prof Subehan dalam sambutannya juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan Unhas dan BSN . Dirinya mengatakan, Unhas secara umum terus melakukan upaya pelayanan yang berstandar. Dirinya juga menuturkan beberapa pengembangan yang dilakukan Unhas dalam mendukung standar ISO.

Prof Subehan menambahkan, kehadiran SNI Corner di Unhas sangat penting, hadir sebagai perwakilan BSN di Universitas yang memuat upaya standardisasi untuk mendukung pelayanan optimal kepada masyarakat.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan peresmian SNI Corner yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Perencanaan dan Keuangan (Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D., Apt) didampingi Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Layanan Informasi BSN.

Sebelum peresmian SNI Corner, telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Layanan Informasi (Zul Amri, ST) dan Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dr. Ir. M. Yahya, S.T., M.Eng) dalam rangka penyebaran informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Secara umum, SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan informasi terpadu satu pintu baik dalam bentuk dokumen fisik maupun melalui portal SNI. (Suryadi/A)

  • Bagikan