Makassar Bermunajat, Puluhan Ribu Umat Islam Sambut Tahun Baru Islam dengan Doa dan Zikir

  • Bagikan
Wali Kota Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama puluhan ribu umat Islam dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Makassar, mengikuti acara doa bersama untuk menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 H. (Foto Shasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Wali Kota Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama puluhan ribu umat Islam dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Makassar, mengikuti acara doa bersama untuk menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 H.

Doa bersama tersebut digelar bertajuk "Makassar Bermunajat, Melangitkan Doa, Membumikan Kebaikan Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriah" yang diadakan PCNU Makassar di Anjungan Pantai Losari, Rabu (19/7) malam.

Danny Pomanto sapaan akrabnya menekankan kumpul bersama dalam momen Tahun Baru ini bukanlah untuk merayakan, melainkan untuk doa dan mengingat Allah SWT dengan khidmat.

Tujuannya adalah semata-mata untuk berhijrah menuju kehidupan yang lebih baik, sebagai simbol dari hakikat "hijrah" itu sendiri.

Hal itu, kata dia, semata-mata hanya untuk hijrah menuju kehidupan yang lebih baik sebagaimana hakikat hijrah itu sendiri.

Hijrah menuju kebaikan untuk kehidupan sendiri, keluarga, tetangga-tetangga dan kehidupan dalam Kota Makassar.

Juga hijrah merupakan kata
kunci bahwa Islam ialah agama yang mampu beradaptasi dengan zaman.

"Momen ini mengingatkan kita akan kisah Nabi Muhammad dan perjuangannya berpindah ke tempat yang lebih baik untuk menyebarkan Islam, mencapai kita semua," ujar Danny Pomanto.

Ia juga mengatakan hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Makassar, yang dituangkan dalam slogan "Dua Kali Tambah Baik."

Wali Kota Pomanto menambahkan dengan pelaksanaan program-program seperti "Program Perkuatan Keimanan Umat" dan "Program Jagai Anakta'" oleh Pemerintah Kota Makassar, upaya mewujudkan "Makassar dua kali tambah baik" semakin dekat.

Selain itu, merujuk pada perintah yang jelas dalam Al-Qur'an bahwa setiap Muslim harus menjaga diri dan keluarganya dari api neraka. Danny mendorong semua orang untuk menjaga anak-anak mereka, meningkatkan keimanan, menanamkan akhlak yang baik, dan kembali ke masjid serta ajaran Al-Qur'an.

Danny juga memberikan apresiasi atas upaya PCNU dalam menyelenggarakan acara ini, menegaskan keinginan Pemerintah Kota Makassar untuk aktif berpartisipasi dalam acara keagamaan seperti ini.

Sebagai seorang wali kota yang telah menjabat dua periode, beliau menasihati umat Islam untuk bersatu dalam menciptakan masyarakat yang kuat dan tangguh, baik dari segi iman maupun ekonomi, mampu menghadapi segala tantangan, baik itu bencana alam maupun sosial.

Dalam pidatonya, Ketua PCNU Makassar, Kaswad Sartono, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas antusiasme yang ditunjukkan oleh umat Muslim dalam menghadiri acara doa bersama ini. Beliau juga mengakui kolaborasi yang produktif antara PCNU Makassar dan Pemerintah Kota Makassar.

Dari perkiraan awal kehadiran sekitar 6 hingga 7 ribu orang, beliau memperkirakan jumlah umat Muslim NU yang memadati Anjungan Pantai Losari mencapai sekitar 20 ribu orang. (Shasa/B)

  • Bagikan