Peringati Hari Hepatitis, 104 WBP Lapas Takalar Ikuti Skrining

  • Bagikan
Skrining hepatitis yang digelar Lapas Takalar Kanwil Kemenkumham Sulsel bekerja sama dengan Puskesmas Pattallassang Kabupaten Takalar di ruang serba guna Lapas Takalar, Kamis (27/7).

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak seratus empat warga binaan mengikuti skrining hepatitis yang digelar Lapas Takalar Kanwil Kemenkumham Sulsel bekerja sama dengan Puskesmas Pattallassang Kabupaten Takalar di ruang serba guna Lapas Takalar, Kamis (27/7).

Hj. Suriana S.Kep.,Ns, selaku Kepala Puskesmas mengungkapkan jika pemeriksaan hepatitis sangat penting bagi warga binaan.

"Begitu banyak warganya di sini, bekerja dan bersilaturahmi dengan teman-temannya, dengan adanya kegiatan ini semoga bisa kita identifikasi. Pemeriksanaan ini sangat penting karena penyakit ini sangat menular. Apabila ada yang teridentifikasi, kami Puskesmas Pattalassang siap mendampingi pengobatannya," kata Hj. Suariana.

"Pencegahan yang bisa dilakukan adalah memberikan makanan bergizi, serta rutin olahraga," tambahnya.

Kesempatan sama, Achmad, selaku Kasubsi Perawatan mengungkapkan jika kegiatan ini penting sebagai dekteksi dini penyakit hepatitis di lapas.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah penularan penyakit yang mungkin ada di lingkungan lapas, sehingga bisa diantisipasi atau diadakan tindak lanjutnya," kata Achmad.

"Kami berterima kasih kepada Puskesmas Pattallassang sebab dengan adanya kegiatan skrining ini kami dapat memantau kondisi kesehatan warga binaan. Tentunya ini sebagai bentuk sinergi dengan instansi pemerintah dalam hal memberikan layanan kesehatan kepada warga binaan," ucap Achmad.

Kegiatan skrining ini merupakan bagian dari peringatan hari hepatitis sedunia yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2023. (Tiro)

  • Bagikan