Begini Upaya Dinas Pariwisata Bone Agar Festival Tanjung Pallette Tembus KEN

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi (tengah) saat bertemu Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

BONE, RAKYATSULSEL - Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Bone adalah menggelar festival. Kali ini adalah Festival Tanjung Pallette yang rencananya akan digelar selama lima (5) hari, mulai 2 hingga 6 Agustus 2023.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi menjelaskan, Festival Tanjung Pallette digelar untuk pertama kalinya berupaya untuk menembus Kharisma Event Nusantara (KEN).

Untuk mewujudkan hal itu Festival Tanjung Pallette tembus KEN) maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bone bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan, bahkan panitia pelaksana mengundang langsung Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Andi Promal Pawi lebih lanjut menjelaskan, bahwa ada empat item kegiatan yang akan dilakukan di Festival Tanjung Pallette, yakni Culinary Tourism, Art & Folk Cultural, UMKM Exhibition, dan Short Film and Photography.

"Penyelenggaraan ini, akan berkelanjutan setiap tahunnya dan diharapkan bisa menembus jadi bagian kalender event Kemenparekraf RI," ujar Andi Promal Pawi, Minggu (30/7/2023).

"Target kita bisa menembus Kharisma Event Nusantara (KEN). Makanya, minimal empat kali harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan dinilai Kemenparekraf," tambahnya.

Bahkan Andi Promal Pawi mengakui kalau dirinya sudah bertemu langsung dan mengantarkan undangan kepada Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

"Saya antarkan langsung undangannya ke beliau (Menparekraf RI, Sandiaga Uno, red). Beliau merespons baik. Kami masih menunggu kepastian kehadiran beliau nantinya," ujar Andi Promal.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Festival Tanjung Pallette, Nasrullah Bashir menjelaskan, ini menjadi cikal bakal keberlanjutan yang diharapkan bisa menembus (KEN).

"Pembukaan Festival Tanjung Pallette dipusatkan di Pallette. Selanjutnya penutupan direncanakan dilaksanakan di Lapangan Merdeka," tutur Nasrullah. (Enal)

  • Bagikan