Jumat Ini Paripurna Pemberhentian Gubernur ASS, Ini Harapan Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Masa jabatan Andi Sudirman Sulaiman (ASS) sebagai Gubernur Sulsel akan berakhir tanggal 5 September 2023. Sesuai mekanisme 1 bulan sebelum masa berakhir, akan diusulkan nama-nama Penjabat Gubernur untuk mengisi sementara.

Saat ini fraksi partai di DPRRD Sudah menyiapkan nama-nama yang akan diusul ke pimpinan Dewan. Bahkan terbaru Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari dan beberapa Pimpinan Dewan dan Ketua fraksi sudah melakukan konsultasi ke Kemendagri di Jakarta, Selasa 1 Agustus 2023.

Politisi Golkar itu mengatakan, DPRD akan menggelar rapat Paripurna tanggal 4 Agustus 2023 dengan judul Paripurna Pengumuman Berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulsel 2018/2023.

"Paripurnanya itu Agustus karena aturan baik undang undang maupun Permendagri juga di dalam tata tertib kita 30 hari sebelum berakhir masa jabatan, maka melalui paripurna disampaikan. Itu menurut aturan Permendagri dan tata tertib," ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Sulsel, Rabu (2/8/2023).

Terkait dengan hasil konsultasi di Kemendagri, Perempuan pertama duduk jadi Ketua DPRD Sulsel itu menuturkan, pada intinya pihaknya menyampaikan jadwal tahapan pengusulan nama-nama yang akan menjadi Pj Gubernur masa sisa 2023/2024.

"Intinya dijalankan semua tahapan tahapannya. Deadline tanggal 9 Agustus sudah masuk nama-nama. Itu dimanfaatkan sebaik baiknya. Karena ada daerah yang tidak mengirimkan nama," tuturnya.

"Alhamdulillah itu diapresiasi pak Sekjen Kemendagri. Kita menjalankan tahapan aturan. Karena kita harus segera menindaklanjuti surat Pak Menteri untuk nama-nama yang kita tetapkan," lanjutanya.

Politisi asal Kabupaten Barru itu berharap siapa pun Pj Tetap putra daerah karena diatur UU. Selain itu, Pj Gubernur tetap kolaborasi dengan Dewan untuk pembangunan di Sulsel kedepannya.

Adapun sejauh ini sejumlah nama mencuat dipublik, seperti Rektor dari Universitas terkemuka di Makassar, Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksma TNI Abdul Rivai, Inspektur Utama Setjen DPR RI yang pernah menjadi Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana.

Ada juga nama Inspektur Jenderal Depdagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang, Drs. H. Jufri Rahman.,M.Si (staf ahli bidang pemerintah dan otoda Kemenpan RB).

Selain nama itu, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang. Terbaru, muncul figur kini duduk di jabatan Dirjen Perkebunan Kementan RI, Andi Nur Alamsyah dianggap memenuhi persyaratan Pj Gubernur Sulsel masa sisa 2023-2024. (Suryadi/B)

  • Bagikan