Kloter 43 Debarkasi Makassar Jadi Kloter Penutup

  • Bagikan
Suasana Penerimaan Kloter 43, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (3/8/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jemaah Haji Kloter 43 menjadi penutup pemulangan Haji 2023 Debarkasi Makassar. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Arsad Hidayat hadir langsung di Makassar dalam rangka menyerahkan kloter itu ke masing-masing Pemda asal daerah jamaah haji.

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Arsad Hidayat menyampaikan menyampaikan permohonan maaf Menteri Agama yang tidak sempat hadir untuk menerima sekaligus menyerahkan kloter 43 ini kepada pemerintah daerah asal jemaah.

“Salam hormat Menteri Agama untuk jemaah sekalian. rencananya beliau yang hadir menerima kloter 43 ini, namun disaat yang sama beliau juga menerima jemaah haji di salah satu debarkasi di pulau Jawa,” ucapnya, Kamis (3/8/ 2023).

“Selamat datang kepada 390 jemaah haji kloter 43 yang baru saja tiba kembali di tanah air.  Ini semua adalah kuota tambahan yang dawal tahun 2023 tidak pernah terpikir akan berangkat, tapi alhamdulilillah mendapatkan kesempatan berangkat tahun 2023 ini,” ujar putra asal Luwu ini menambahkan.

Arsad Hidayat mengingatkan jemaah untuk menjaga predikat haji yang telah diraih dengan menukil salah satu hadits Nabi tentang ganjaran surga bagi jemaah yang meraih predikat haji mabrur.

“Al hajjul mabruur laisalahu jazaaun illal jannah, Tidak ada balasan yang lebih pas disematkan kepada mereka  yang meraih predikat haji mabrur selain surga. Mudah-mudahan kita mendapatkan haji mabrur,” ucapnya.

  • Bagikan