Ribuan Warga Makassar Ramaikan Bank Jateng Friendship Run

  • Bagikan
Tampak ribuan peserta ramaikan Bank Jateng Friendship Run, Minggu (20/8/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sekitar 1.000 masyarakat Kota Makassar meramaikan Bank Jateng Friendship Run di Monumen Mandala, Minggu (20/8/2023).

Direktur IT, Jaringan, dan Konsumer Bank Jateng, Dodit W Probojakti mengungkapkan, Makassar menjadi kota ketujuh, atau kota kedua di luar Pulau Jawa, yang disambangi rangkaian rangkaian Bank Jateng Friendship Run.

"Kegiatan ini sebagai 'pemanasan” dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang," ungkap Dodit saat diwawancara disela-sela acara.

Dirinya menjelaskan, ini bertujuan untuk menularkan semangat ke-10 kota besar di Indonesia. Selain itu, lanjut Dodit, Voice of Unity digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

"Tak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, rangkaian Bank Jateng Friendship Run Makassar juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebelum melepas peserta Bank Jateng Friendship Run mengungkapkan, Makassar dan Jawa Tengah punya kedekatan emosional.

“Ini tentunya merupakan bagian secara emosional kita dengan teman-teman Jateng sangat dekat. Apalagi di bawah kepemimpinan Gubernur Pak Ganjar Pranowo,” kata Danny saat ditemui.

Danny yakin, masih banyak runners yang ingin terlibat dalam kegiatan ini, mengingat banyaknya runners yang ada di Makassar. Namun panitia membatasi hanya 1.000 peserta.

“Ya jadi ini kan saya tahu pelari di Makassar banyak dan punya antusias tinggi. Klub runners itu banyak sekali. Saya yakin masih banyak yang mau ikut ini, tapi dibatasi cuma 1.000. Karena saya tahu persis klub runners ini begitu maju sekali,” akunya.

Ia pun berharap, Makassar kembali dijadikan salah satu lokasi Friensdhip Run Bank Jateng untuk kesekian kalinya tahun mendatang.

“Yah, kami senang sekali (jika kembali dipilih), ini kan bukan sekadar lari, tapi silaturrahmi yang luar biasa. Merekatkan Indonesia,” pungkasnya.

Selain Walikota Makassar Moh. Ramadhan Pomanto, Bank Jateng Friendship Run Makassar juga dihadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, dan Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo. (*)

  • Bagikan