Nama Calon Pj Gubernur Sulsel Sudah di Meja Mendagri, Pekan Depan Diumumkan

  • Bagikan
Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) akan berakhir 5 September 2023. Kini nama Penjabat (PJ) Gubernur pengganti  ASS sudah ada di meja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, dan segera  diusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk di umumkan pekan depan.

"Soal nama-nama Pj Gubernur ada beberapa daerah termasuk Sulsel yang berakhir pada 5 September, sudah ada di meja pak Mendagri. Segera diusulkan ke Presiden (Joko Widodo) persetujuan untuk diumumkan," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Irwan, kepada wartawan Rakyat Sulsel, saat dikonfirmasi via telephone, Selasa (29/8/2023).

Ada 10 Provinsi, sudah ada pembahasan awal nama PJ di daerah itu semua. Untuk bulan September 2023 ada 10 Provinsi yang Gubernurnya berakhir masa jabatan, termasuk Provinsi Sulsel.

Jika dihitung dari sekarang maka tersisa sepekan atau 6 hari akan berakhir pada jabatan Gubernur ASS yang dilantik 5 September 2018 silam. Dengan begitu, maka dipastikan nama PJ Gubernur atau pengganti akan diumumkan tanggal 3 atau 4 September 2023 pekan depan.

"Sekarang menunggu kapan akan dibahas dengan Presiden (bentuk persetujuan). Saya kira dalam waktu pekan ini diumumkan nama Pj. Jadi, tunggu saja," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memimpin tim penilain akhir (TPA) untuk menentukan nama penjabat (Pj) kepala daerah. Tercatat ada 10 gubernur yang jabatannya akan berakhir pada September mendatang.

"Itu personal Presiden untuk itu, nanti dibahas sidang TPA, jadi sekarang masih menunggu sidang TPA yang dipimpin oleh Presiden dihadiri Menteri - menteri dan pimpinan Lembaga," sambung dia.

Lebih lanjuta, Benny menegaskan, khusus nama ususlan Pj Gubernur Sulsel tak diusulkan oleh DPRD. Oleh sebab itu, nama-nama yang diusulkan langsung oleh Kementrian dan Lembaga di Kemendagri, bahkan sudah dilakukan pembahasan awal oleh pimpinan di lingkup Kemendagri sejak pekan lalu.

  • Bagikan