Hasil Sidang TPA Belum Putuskan Pj Gubernur Sulsel, Ngabalin: Sudah Ada Nama yang Direstui Presiden

  • Bagikan
Ali Mochtar Ngabalin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hingga kini teka-teki soal figur yang akan menjabat sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Sulsel belum final. Hanya saja, Presiden Joko Widodo sudah merestui nama yang diajukan dan tinggal diumumkan.

Info akurat tersebut diperoleh dari Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin yang menyampaikan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin tim penilain akhir (TPA) untuk menentukan nama penjabat (Pj) kepala daerah, Kamis (31/8/2023).

Tercatat ada 10 gubernur yang jabatannya akan berakhir pada September mendatang, termasuk Sulsel.

"Iya, benar, rapat TPA sudah dilakukan," tulis Ali Angabalin dalam pesan singkatnya, Kamis (31/8/2023) malam.

Dijelaskan, Kamis kemarin pukul 11.30 WIB, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah melaporkan ke Presiden Joko Widodo terkait usulan nama-nama Pj Gubernur, masa sisa 2023/2024.

"Dan pukul 15.00 WIB pak Presiden memimpin langsung sidang TPA untuk penentuan calon penjabat Gubernur, termasuk Sulsel. Nama pak Bachtiar salah satu yang diusulkan," tutur pria yang akrab disapa Bang Ali itu.

Nanti selanjutnya, kata Ali Ngabalin, setelah resmi penunjukan nama Pj, maka akan dilakukan pelantikan oleh Kemendagri. Dan akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan di Provinsi masing-masing.

"Jadi, setelah penunjukan nama, maka dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Gubernur ke Pj Gubenur," jelasnya.

Hanya saja, hingga sidang TPA berakhir, Kamis (31/8) malam, awak media belum berhasil mendapatkan siapa nama Pj yang akan diumumkan. Bahkan kabarnya pembahasan di TPA belum selesai.

"Kita tunggu saja hasil sidang TPA. Saya juga belum dapat informasi," jelasnya," singkat Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan. (Yadi/B)

  • Bagikan