Koalisi Jumbo untuk Prabowo

  • Bagikan
ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrat memutuskan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Bergabungnya Demokrat membuat Koalisi Indonesia Maju makin "bongsor". Namun, besarnya dukungan kerap tak berbanding lurus dengan kemenangan yang besar.

Susilo Bambang Yudhoyono menjadi penentu terhadap arah koalisi. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menentukan sikap setelah bertemu dengan Prabowo Subianto dan ketua-ketua partai pengusung dan pendukung di kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor, akhir pekan lalu.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyatakan pihaknya menitipkan agenda perubahan pada Prabowo saat pertemuan antara elit Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat; yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki," kata Teuku Riefky.

Teuku Riefky menegaskan AHY akan mengumumkan secara resmi dukungan untuk Prabowo sebagai Capres. Pengumuman itu akan disampaikan pada 21 September 2023.

"Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," beber dia.

Sementara itu, SBY menyatakan siap turun gunung memenangkan Prabowo. Momen tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram PAN, salah satu partai pendukung Prabowo. Dalam unggahan tersebut, tergambarkan momen ketika SBY datang di rumah Prabowo Subianto di Hambalang. SBY bersalaman dengan Prabowo serta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Dalam unggahan tersebut, SBY menyampaikan pidato di atas mimbar. Di samping SBY, Prabowo berdiri. Dalam pidato yang didengar oleh anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu, SBY yakin Prabowo akan menang pada Pilpres 2024. Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) itu akan membantu Prabowo.

"Saya yakini, dengan izin Allah, masa Pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui Pilpres yang akan datang. For you, saya siap turun gunung," kata SBY dalam sambutan.

Adapun Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan Partai Demokrat telah resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres. Dukungan itu disampaikan dalam kunjungan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke kediaman Prabowo di Hambalang.

  • Bagikan