JSI : Gerindra Hanya Mampu Pertahankan Satu Kursi di Sulsel I DPR RI

  • Bagikan
Logo Partai Gerindra

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah figur potensial diturunkan Partai Gerindra di daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1 untuk DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Namun partai berlambang burung garuda ini hanya diprediksi mempertahankan 1 kursi.

Diketahui 8 Bacaleg Gerindra yakni Azikin Solthan (Petahan), Misrayanti, Idris Manggabarani, Anhar Rahman, Najamuddin, Feby Wardani Rusdy, Aris Titti dan Jahidin.

Manajer Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) Nursandy Syam menilai dari 8 figur bacaleg yang dimiliki oleh Gerindra di Dapil Sulsel I, yang paling potensial untuk terpilih ada empat nama yakni Azikin Sholtan, Idris Manggabarani, Anhar Rahman dan Najamuddin.

"Figur-figur ini yang punya modal primer lebih dibanding figur caleg lainnya. Pergerakan mereka juga sudah mulai cukup massif di ruang publik," katanya.

Untuk memperoleh dua kursi, kata Nursandy cukup sulit. Kekuatan bacaleg Gerindra saat ini tak jauh berbeda dengan Pileg 2019 lalu.

"Saat itu (Pileg 2019) Gerindra meraih kursi pertama dengan perolehan 240 ribu. Untuk meraih dua kursi, hitungannya dibutuhkan paling sedikit 370 ribu suara," ujarnya.

Nursandy juga menyebutkan kehadirannya Liestiaty Fachruddin yang merupakan istri mantan Bupati Bantaeng dua periode sekaligus mantan Gubenur Sulsel, Nurdin Abdullah, pasti akan mengganggu basis Azikin di Kabupaten Bantaeng.

"Majunya Liestiaty Fachruddin banyak sedikitnya akan mengganggu basis utama Azikin Solthan di Bantaeng," bebernya.

Ini bisa terjadi jika tim Liestiaty Fachruddin solid di Kabupaten Bantaeng. "Tergantung bagaimana model pergerakan yang dibangun oleh Ibu Lies bersama timnya," lanjutnya.

Sementara persaingan di internal kata Sandy yang paling mungkin menjadi pesaing utama Azikin Solthan di Gerindra adalah Idris Manggabarani.

"Pileg 2019 yang lalu perolehan suaranya cukup signifikan dan berada di bawah Azikin Solthan," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan