Modal 30 Ribu Suara Pemilu 2019, Yasir ‘Pede’ Gerindra Raih Kursi Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
Bakal calon Legislatif DPRD Sulsel partai Gerindra Yasir Mahmud memaparkan target suara pada Pemilu 2024 nanti di Dapil Sulsel 7 Kabupaten Bone dalam Ngobrol Politik Komunitas Wartawan Politik Sulsel di Cafe Mama, Makassar, Kamis (21/9/23). (Foto: Fahrullah)

MAKASSAR, RAKSUL - Bakal calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Sulsel partai Gerindra daerah Pemilihan Sulsel 7 Kabupaten Bone, Yasir Mahmud percaya diri jika partai Gerindra akan merebut kursi ketua DPRD Sulsel pada Pemilu 2024 mendatang.

Keyakinannya lantaran dirinya bukan pertama kali mengikuti kontestasi politik di Sulsel. Dimana Pemilu 2019, Yasir Mahmud mampu memperoleh lebih dari 60 ribu suara untuk DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 2. Khusus di Kabupaten Bone Yasir mampu memperoleh 30 ribu lebih dan itu bisa meraih dua sampai tiga kursi untuk DPRD Sulsel.

Yasir Mahmud menjelaskan dirinya turun level dengan maju DPRD Provinsi Sulsel adalah saran dari beberapa sahabat termasuk keluarga. Apalagi, perannya saat ini lebih dibutuhkan di provinsi ketimbang di tingkat nasional.

"Mau di pusat atau di provinsi sebenarnya sama saja. Yang terpenting niat kita kalau terpilih adalah bekerja untuk kebaikan masyarakat," kata Yasir Mahmud dalam Ngobrol Politik Komunitas Wartawan Politik Sulsel di Cafe Mama, Makassar, Kamis (21/9/23).

Dirinya pun menyebutkan  dua kali pemilu sebelumnya dia jadikan pembelajaran dan Pemilu 2024 nanti dia memiliki keyakinan bisa terpilih sekaligus menjadikan Gerindra pemenang Pemilu di Sulsel dan berupaya bagaimana Dapil 7 Kabupaten Bone bisa meraih 3 kursi atau paling sedikit 2 kursi.

"Pertimbangan terakhir yang memperkuat keputusan saya adalah saran dari sahabat saya, Bapak Amran Sulaiman. Beliau menyarankan saya untuk lebih fokus mengurus Provinsi Sulawesi Selatan karena kehadiran saya lebih dibutuhkan di sini, ketimbang di pusat dan saya optimis Gerindra bisa meraih lebih dari 1 kursi," tegasnya.

Direktur Pedoman Data Indonesia (PADI), Sakral Wijaya Saputra menjelaskan, berdasarkan histori perolehan suara YM di Pemilu 2014 dan 2019, YM dapat menyumbang suara pribadi hingga lebih dari 60 ribu suara.

Sebelumnya pada Pemilu 2014, YM maju DPR RI Dapil Sulsel II melalui Partai Gerindra dan memperoleh lebih dari 40 ribu suara. Pada 2019 ia maju melalui Partai Golkar di dapil yang sama dan memeroleh total 50.131 suara.

"Pemilu 2014 untuk wilayah Kabupaten Bone saja, YM memperoleh suara 19.320. Dan di 2019 kemarin, untuk wilayah Bone suara YM sebesar 30.824. Ini modal yang besar untuk maju DPRD Provinsi, karena incumbent saja pemilu sebelumnya hanya memperoleh 16 ribu suara," katanya.

Dia meyakini, dengan kehadiran Yasir, Partai Gerindra bisa membungkus tiga kursi di Dapil Sulsel 7, mengingat perolehan suara Yasir pada dua pemilu sebelumnya dan komposisi caleg Gerindra di dapil tersebut.

"Kalau soal keterpilihan saya kira Pak YM sudah selesai di ranah ini. Target seharusnya adalah bagaimana YM menjadi Ketua DPRD Sulsel. Karena sudah jelas kalau urusan terpilih atau tidaknya sebagai Anggota DPRD Sulsel," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan