Mudahkan Laporan Keuangan, BKAD Hadirkan Aplikasi Dataku di Jarimu

  • Bagikan
Kepala BKAD Pangkep, Asri

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Mudahkan laporan realisas keuangan, Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) hadirkan aplikasi Dataku di Jarimu.

Kepala BKAD Pangkep, Asri menjelaskan Dataku di Jarimu merupakan salahsatu aplikasi yang dikembangkan BKAD untuk melengkapi aplikasi SIPD.

"Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk laporan realisasi yang sifatnya real time,"ujar Asri.

Dia menambahkan, manfaat lain aplikasi ini adalah untuk memonitoring sejumlah sumber dana yang tidak melalui kas daerah yang tidak ter-cover SIPD seperti sumber dana dari kas negara langsung ke UPT Seperti dana BOS, JKN, BOP dan Dana desa

"Dengan aplikasi ini, laporannya bisa real time dan akurat,"tambahnya.

Aplikasi Dataku di Jarimu juga menyiapkan ruang konsultasi online bagi bendahara. Juga tersedia ruang regulasi pengelolaan keuangan.

"Aplikasi ini ada tiga manfaatnya, pertama terkait laporan realisasi real time. Kedua, ruang konsultasi. Ketiga, penyediaan infiormasi terkait regulasi keuangan,"jelasnya.

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini, pihak BKAD juga telah melakukan sosilisasi yang dihadiri bendahara pengeluaran OPD se kabupaten Pangkep. Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi kepada bendahara pembantu pada dinas pendidikan, dinas kesehatan dan bendahara desa.

"Kami selaku pembina pengelolaan keuangan daerah sinergi dengan perangkat daerah. Kami siapkan aplikasi ini, terkait pembinaan keungan yang berkualitas dan lebih baik lagi,"imbuhnya.

Aplikasi Dataku di Jarimu merupakan proyek perubahan dari inovator Asri yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II angkatan XIV Puslatbang KMP Makassar.

Proyek perubahan ini adalah salah satu bentuk Digitalisasi administrasi pemerintahan yang nantinya akan berdampak kepada peningkatan kualitas layanan pengelolaan keuangan di kabupaten Pangkep. (Atho)

  • Bagikan