Hadapi Pemilu 2024, Rusman: Perangi Hoax, Politik Uang dan Politik Identitas

  • Bagikan
Ketua umum PC IMM kabupaten Enrekang, Rusman

ENREKANG, RAKYATSULSEL - Pemilihan umum 2024 mendatang menjadi momen penting dalam sistem demokrasi Indonesia.

Hal ini menjadi perhatian banyak kalangan, demikian halnya tokoh muda, Rusman selaku ketua umum PC IMM kabupaten Enrekang.

Rusman mengajak semua kalangan, untuk selalu menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat. Potensi itu menurut dia, bisa bersumber dari tidak validnya informasi yang masuk.

"Berita hoax harus kita hindari dengan mencermati sember berita. Juga tidak langsung menyebar berita yang tidak jelas kebenarannya," kata Rusman saat ditemui, Rabu (11/10).

Dirinya mengimbau semua pihak untuk lebih bijak, tidak mudah terpengaruh dan bisa menahan diri untuk tidak mudah terprovokasi.

"Mari kita jalani pemilu dengan aman dan damai. Untuk memilih pemimpin yang baik, mari kita jalani pemilu yang bermartabat," sambungnya.

Selain itu, Rusman juga menitik beratkan kepada masyarakat untuk mengindari politik uang, pada proses demokrasi mendatang.

Politik uang, menurut dia, bisa mengganggu proses demokrasi. Hal tersebut menjadi salah satu potensi kerawanan dalam proses pemilu mendatang.

"Politik identitas untuk mencederai lawan atau orang lain juga adalah hal yang bisa merusak sistem pemilu kita," jelasnya.

Rusman mengajak semua masyarakat untuk bisa menyukseskan pemilu 2024 mendatang dengan penuh kedewasaan dan rasa kekeluargaan.

"Perbedaan pendapat menjadi hal yang lumrah dalam proses demokrasi, tapi bukan menjadi alasan untuk kita terpecah belah," tutup Rusman. (Fadli)

  • Bagikan