Kesbangpol Pangkep dan Lembaga Demokrasi Celebes Gelar Bimtek IKO, Libatkan 33 Ormas

  • Bagikan
Badan kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten Pangkep, bekerjasama dengan Lembaga Demokrasi Celebes (LDC) gelar bimbingan teknis(Bimtek) Indeks Kinerja Organisasi (IKO).

PANGKEP, RAKYATSULSEL -- Badan kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten Pangkep, bekerjasama dengan Lembaga Demokrasi Celebes (LDC) gelar bimbingan teknis(Bimtek) Indeks Kinerja Organisasi (IKO).

Bimtek IKO ini merupakan kali kedua dilaksanakan, dan diikuti 33 Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), digelar di salah satu cafe di Bungoro, Kamis (26/10/2023).

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) yang membuka Bimtek diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik H. Ansar Paduwai, mengharapkan Organisasi Masyarakat (Ormas) dapat menjadi mitra pemerintah.

"Sebagaimana kita maklumi bahwa salah satu organisasi publik yang diharapkan menjadi partner pemerintah adalah organisasi kemasyarakatan (Ormas)" ucapnya.

Direktur LDC Pangkep, Sjamsuddin Moedji, menjelaskan OMS yang bersyarat ikut IKO adalah yang terdaftar pada Badan Kesbangpol.

Tahun sebelumnya, sebanyak sembilan OMS yang ikut IKO tahap pertama.

"Hari ini mereka gabung, dengan jumlah yang lebih besar yakni 33 OMS dan kita kembali mengukur Indeks Kinerja Organisasi nya,"katanya.

IKO ini lanjutnya, bertujuan untuk memetakan dan menata kapasitas organisasi kemasyarakatan.

"IKO ini sangat membantu, dengan adanya IKO akan kelihatan kinerja dan kapasitas kelembagaan. Dan ini, tentunya mengarah bagaimana berkolaborasi dengan Pemda Pangkep,"tutupnya. (Atho)

  • Bagikan