Bupati Bulukumba Ingatkan Penanganan Stunting pada Lomba HKG PKK

  • Bagikan

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengingatkan jajaran pengurus PKK dan OPD Kabupaten Bulukumba untuk berkolaborasi dalam rangka menekan angka Stunting. 

Andi Utta sapaan akrab bupati mengatakan seluruh OPD harus mensupport PKK melalui program dan kegiatan masing-masing. Hal ini disampaikan saat membuka lomba-lomba dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51, yang berlangsung di  Tanjung Bira.

Andi Utta mengaku miris dengan anggaran penanganan Stunting yang menurutnya tidak ideal karena lebih banyak dihabiskan untuk rapat dan perjalanan dinas.

"Tahun 2024 saya mau lihat angka Stunting di Bulukumba menurun 50 persen dari data yang ada saat ini sebanyak 1.768 anak dengan program kolaborasi yang dibangun dengan seluruh OPD yang terkait," ungkapnya.

"Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan harus terlibat aktif dalam mendukung program PKK," tambahnya lagi.

Andi Utta mengaku jika Kabupaten Bulukumba sangat potensial, juga menempati posisi sebagai daerah terendah inflasi namun tidak berbanding lurus dengan jumlah penderita stunting.

"Kita memiliki potensi besar di sektor pertanian dan perikanan ini yang akan kita maksimalkan.

Saya tidak mau setengah-setengah, rugi menjadi Bupati jika saya tidak bisa memaksimalkan potensi Bulukumba," cetusnya.

Penurunan Stunting kata Bupati, menjadi kebijakan yang harus diakselerasi oleh karena hal tersebut menjadi penekanan presiden sehingga menteri dan gubernur, semua dimonitor dan dievaluasi sampai di tingkat bawah.

Sementara itu Ketua TP-PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar menyampaikan pentingnya peran aktif PKK dalam mendukung program pemerintah daerah.

Pihaknya telah bekerja maksimal bersama jajaran PKK kecamatan dan desa, meski anggaran sangat minim.

Dukungan anggaran melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa masih sangat terbatas , padahal PKK dituntut untuk optimal dalam menjalankan programnya.

Melalui lomba-lomba yang dilakukan PKK, maka upaya pemberdayaan terhadap para anggota dan kader dapat dinilai dan ini menjadi salah satu strategi untuk melibatkan PKK dalam strategi penurunan stunting.(Sal)

  • Bagikan