Parepare Gelar Apel Siaga Bencana

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi saat musim penghujan, Pemerintah Kota melakukan Apel siaga bencana yang dihadiri Kapolres Parepare, dan Perwakilan Dandim serta beberapa instansi terkait dan juga organisasi masyarakat, Mahasiswa dan pelajar.

Apel Siaga Bencana dipimpin langsung Penjabat Walikota Parepare Dr Akbar Ali, yang dilaksanakan di Lapangan Andi Makkasau, Rabu (15/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pj Walikota Parepare yang didampingi Kapolres AKBP Arman Muis menyampaikan, apel kesiapsiagaan bencana ini untuk memberikan rasa aman dan rasa percaya diri, baik dari kami Pemerintah dan jajaran TNi/Polri serta jajaran ormas lainnya, siap bahu-membahu dengan masyarakat untuk bagaimana mengantisipasi bencana ke depan

"ini sebagai upaya dan langkah-langkah tindak lanjut yang kami lakukan ketika bencana itu terjadi. Serta dampak bencana kita siap untuk mengantisipasinya, " Terang Akbar Ali.

lebih lanjut ia menjelaskan, dalam menunjang kesiapsiagaan bencana, juga dilakukan pengecekan peralatan dan perangkat yang digunakan oleh personil-personil dari instansi terkait, ketika bencana itu terjadi.

"saya sebagai Penjabat Walikota, Insya Allah di 2024 ini saya akan mempush untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan ketika bencana itu terjadi, " jelasnya.

"kami bukan mengganti peralatan, tapibkami lakukan oenambahan, peremajaan sehingga semua fresh siap pakai untuk ketika terjadi bencana itu, "sambungnya.

Lulusan IPDN ini menambahkan, Pemerintah Kota menyiapkan alat berat untuk mengantisipasi sedimentasi ketika terjadi pada gorong-gorong ataupun sungai dan sebagainya.

Selanjutnya ia mengimbau agar dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, perlunya tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, dan bukan hanya dari Pemerintah ataupun TNI/Polri saja.

"tanggung jawab penanganan bencana apapun bukan hanya dari pihak Pemerintah saja, akan tetapi ini bentuk kepedulian dari seluruh elemen masyarakat yang harusnya terintegrasi dengan Pemerintah, TNI/Polri, manunggal semua untuk menyikapi potensi-potensi terkait masalah bencana alam, " imbaunya.

Sementara Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis menyatakan dukungan untuk Pemerintah terkait upaya-upaya menangani dan mengantisipasi kejadian-kejadian atau bencana yang terjadi.

"tentunya saya sangat mengapresiasi pelaksanaan apel siaga bencana ini. Karen bencana alam merupakan satu kejadian yang tidak pernah kita ketahui kapan akan terjadi. Kita semua harus dapat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam, sehingga dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana alam tersebut, "Tandas Arman Muis. (Yanti)

  • Bagikan