Perkuat Riset Internasional, Unhas dan University of Melbourne Jajaki Kerjasama

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, Universitas Hasanuddin dan University of Melbourne sepakat melakukan kerja sama pertukaran akademik. Kesepakatan tersebut tertuang melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Pertemuan Berlangsung di Tunjung Lantai Dasar Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, pada Selasa (14/11/2023).

Pada kesempatan tersebut Rektor Unhas, Prof. Jamaludin Jompa menyampaikan bahwa perjanjian ini merupakan langkah signifikan dalam memperkuat kerja sama antara kedua universitas yang memiliki reputasi tinggi di tingkat nasional dan internasional.

"Kerjasama ini akan membuka pintu bagi peluang baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pertukaran budaya antara mahasiswa,' ujarnya.

Sedangkan, Delegasi University of Melbourne, dihadiri oleh Prof. Duncan Maskell (Vice-Chancellor), menuturkan bahwa melalui perjanjian ini, berharap dapat meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi berkualitas dan mendukung pertukaran pengetahuan antara dua lembaga pendidikan terkemuka.

"Termasuk pertukaran mahasiswa bagi perkembangan akademis dan sosial masyarakat di Indonesia dan Australia," katanya.

"Kerja sama ini akan memperkuat jaringan global kami, memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa, dan mendorong penelitian bersama yang inovatif," lanjutnya.

Menandai langkah strategis kedua institusi pendidikan tinggi tersebut untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, penelitian, pertukaran akademis, dan pengembangan sumber daya manusia.

Penandatanganan dilakukan oleh Professor Duncan Maskell, Vice-Chancellor) dan Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc) Turut hadir mendampingi Rektor Unhas, yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K)), dan Sekretaris Universitas (Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phill., Ph.D.,).

Delegasi University of Melbourne, dihadiri oleh Prof. Duncan Maskell (Vice-Chancellor),Prof. Michael Wesley (Deputy Vice-Chancellor, Global, Culture and Engagement), Prof. Vedi Hadiz (Assistant Deputy Vice-Chancellor International, Indonesia), Prof. Jagannath Aryal, (Digital Infrastructure Engineering), Ms Emmy Amalia (Country Manager, Indonesia), Ms Julie Fam (Manager, International Partnerships). (Yadi/A)

  • Bagikan