PSM Usung Misi Balas Dendam

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PSM vs Hai Phong FC akan melakoni laga matchday ke-5 Grup H dalam lanjutan AFC Cup 2023/2024 di Stadion I Wayan Dipta, Giayar, Bali, Kamis (30/1/2023) pukul 20.00 wita. Pertandingan ini akan jadi partai krusial bagi kedua tim yang sama-sama mengejar tiket lolos ke fase gugur. Dari Grup F, G, dan H hanya juara grup dan 1 runner-up terbaik yang berhak lolos ke semifinal ASEAN.

PSM Makassar dan Hai Phong (Vietnam) saat ini sama-sama mengoleksi tiga poin. Kedua tim tengah berupaya memangkas jarak tiga angka dari Sabah FC (Malaysia) di puncak klasemen. Bagi PSM, laga nanti akan jadi kesempatan mereka untuk melakukan revans.

Di pertemuan pertama, Juku Eja takluk 3-0 saat bertandang ke markas Hai Phong. Ini terjadi pada laga pembuka AFC Cup 2023 September lalu.

PSM Makassar berada di jalur positif. Pasukan Ramang meraih 2 kemenangan dan 1 hasil imbang di 3 laga terbaru. Paling anyar, PSM menang 3-1 atas Persikabo di lanjutan Liga 1 2023/2024. Khusus di ajang Asia, PSM telah membukukan 2 kemenangan beruntun, saat melawan Hougang United dalam kesempatan kandang maupun tandang.

Hasil tersebut sekaligus memutus tren minor PSM di 2 laga awal saat takluk dari Sabah FC dan Hai Phong. Hanya saja, pada laga kontra Hai Phong di kandang ini, PSM dipastikan tidak bisa memakai kekuatan penuh. Juku Eja belum dapat menyertakan beberapa pemain anyar. Ini terjadi lantaran perbedaan jadwal maupun pendaftaran pemain Liga 1 dan AFC Cup.

Di Liga 1, Juku Eja telah memasukan pemain-pemain anyar, termasuk Victor Mansaray asal Amerika Serikat dan Ze Paulo asal Brasil yang kini jadi andalan baru PSM.

Namun, di laga nanti, PSM masih akan diperkuat striker asingnya, Everton Nascimento, kendati penyerang asal Brasil itu sebenarnya telah dicoret dari skuad Liga 1. Everton masih disertakan PSM dalam skuad AFC. Pada laga terakhirnya di AFC, Everton menyumbang 1 gol untuk PSM. Pada musim ini, Everton dianggap kurang memenuhi ekspektasi lantaran baru mencetak 3 gol dari 20 laga. Dia diharapkan PSM mampu membuktikan kapasitasnya di laga nanti.

Hanya saja, di pertandingan perdana tersebut PSM Makassar bisa dikatakan turun tambah skuad terbaiknya karena beberapa pemain harus absen. Seperti absenya Yuran Fernandes, Ananda Raehan dan mantan kapten sekaligus pemain asingnya Wiljan Pluim. Yang otomatis membuat pelatih Bernardo Tavares harus memutar otak menyiapkan pemainnya.

Untuk pertemuan kedua kali ini, Tavares kembali tidak bisa memainkan dua pemain asingnya Victor Mansaray dan Ze Paulo Oliveira karena belum didaftarkan untuk ajang ini.

Otomatis pelatih asal Portugal itu hanya akan mengandalkan pemain-pemain yang sama seperti yang mereka gunakan di putaran pertama ajang ini. Namun, dengan kembali tajamnya Adilson Silva dan Everton Nascimento yang akan membuktikan kualitas kemungkinan akan menjadi senjata utama di tim.

Lalu trio lini tengah seperti kapten M Arfan, Akbar Tanjung dan Kenzo Nambu yang sudah mulai padu akan menjadi kreator serangan. Kemudian ada duo si kembar yakni Yakon Sayuri dan Yance Sayuri yang akan menyisi sisi kiri dan kanan pertahanan tim lawan.
Serta lini belakang dengan trio Yuran, Safruddin, Salman serta Muhammad Ardiansyah yang semakin kokoh akan mencegah gawang dan tidak kebobolan. Dengan kekuatan seperti ini, PSM Makassar pun diprediksi lebih unggul dibanding tim tamu Hai Phong yang punya catatan buruk di ajang AFC Cup, tak pernah menang ketika bermain tandang.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan Hai Phong merupakan tim yang kuat. Berdasarkan peringkat AFC, tim asal Vietnam ini berada di posisi 16, sementara PSM Makassar berada posisi 19 ASEAN.

"Kami akan menghadapi tim yang ranking sepak bolanya ada di atas kami. Hai Phong adalah tim bagus," kata Bernardo, Rabu (29/11/2023).

Pelatih berpaspor Portugal ini menyebutkan tim asal Vietnam itu juga tak kalah mentereng. Hal itu tidak lepas dari hasil laga pertama yang sukses membukukan kemenangan 3-0 tanpa balas.

"Kami harus melakukan persiapan yang baik. Kami akan coba memberikan performa yang bagus di sana (Bali)," ujar Bernardo.

Adapun, Hai Phong datang ke laga malam nanti dengan tren minor usai mengalami 2 kekalahan beruntun. Masing-masing The Red Tide takluk dari Sabah FC di ajang AFC dan kalah dari Becamex Binh Duong di V-League 1 (Liga Vietnam).

Tren minor lainnya, hingga saat ini Hai Phong belum sekalipun meraih poin saat menjalani laga AFC Cup sebagai tim tamu. Selain kalah dari Sabah, tim asal Vietnam juga takluk dari Hougang United. Praktis, laga di I Wayan Dipta akan jadi pembuktian bagi The Red Tide.

Hai Phong akan mengandalkan Yuri Mamute yang telah mengemas 2 gol dari 3 penampilan di AFC Cup. Kemudian di sektor tengah, gelandang Timnas Vietnam, Viet Hung Trieu akan jadi pilihan.

Pelatih Hai Phong FC, Chu Dinh Nghiem mengatakan kemenangan atas PSM Makassar pada leg pertama bukan hal yang mudah terulang pada leg kedua. Mengingat PSM Makassar bermain dalam status sebagai tuan rumah.

"Untuk pertemuan pertama kita menang 3-0 atas PSM Makassar, namun bukan berarti PSM mudah dikalahkan," kata dia.
Nghiem menyebutkan kemenangan pada pertandingan sebelumnya merupakan keberuntungan bagi anak asuhnya. "Kami dapat kesempatan bagus di leg pertama dan bagi kami itu hanya keberuntungan saja," ujar dia. (fahrullah/C)

  • Bagikan