Dorong Percepatan KEK Pariwisata Bira – Takabonerate, Pj Gubernur Bahtiar Usulkan sebagai Wisata Budaya Bahari

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat menerima audiensi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Creating Destination dan Balai Taman Nasional Takabonerate serta Badan Promosi Pariwisata Daerah BPPD Sulsel, di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat, 15 Desember 2023.

"Agar ditetapkan menjadi KEK, maka pihak pengusul dalam hal ini daerah perlu menghadirkan calon pendamping sebagai mitra kerja yang sudah punya pengalaman dalam rangka merintis dan membentuk KEK. BPPD Sulsel sendiri sudah bekerjasama pengembangan pariwisata dengan ITDC," jelasnya.

Selanjutnya, kata Andry, ITDC harus dibantu oleh pengusaha atau investor lain untuk pengembangannya. Ia juga mengharapkan ITDC bersama pemerintah terkhusus kabupaten kota bisa membuat Clean and Clear (CNC) terkait lahan yang diharapkan bisa tersedia di sana.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Raduan, menyampaikan, pihaknya menyambut baik rencana KEK tersebut. Dimana salah satu arahan Pj Gubernur Sulsel adalah pengembangan wisata Bira yang terkoneksi ke Taman Nasional Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Senior Manager Operasional Degolomori ITDC I Dewa Gede Agung Pemayun, dan Business Destination Manager ITDC Ida Ayu Wita Febriana. (*)

  • Bagikan